Cadangan Devisa Bisa Tembus US$95 Miliar

Nasabah menukar uang dolar di Bank Korea, Seoul
Sumber :
  • AP Photo/Ahn Young-joon

VIVAnews - Cadangan devisa akhir tahun diperkirakan terus meningkat hingga mencapai US$95 miliar, atau naik dari akhir November US$92,75 miliar. Hal itu berasal dari neraca pembayaran arus ekspor impor, meningkatnya investasi dan arus modal tahun ini.

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan, untuk menghadapi arus modal masuk (capital inflow), pemerintah, dan Bank Indonesia harus sejalan untuk mengatasi bagaimana mengurangi kecepatan capital inflow yang spekulatif.

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

"Selain itu, investor yang masuk dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan bersifat jangka panjang seperti private sector, BUMN," kata Darmin di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 27 Desember 2010.

Adanya capital inflow tersebut, menurut Darmin, sebaiknya disalurkan ke investasi jangka panjang melalui penerbitan saham baru atau rights issue maupun penawaran umum perdana (initial public offering/IPO). Selain itu, ada kemungkinan insentif pajak bagi penanaman investasi asing langsung merupakan langkah yang baik.

BI dan pemerintah juga perlu mempersiapkan kemampuan berjaga-jaga dan melindungi diri sendiri, jika terjadi pembalikan modal. (art)

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024