BISNIS

Berapa Jumlah Penduduk Miskin Indonesia?

Hendri Saparini menekankan orang yang hidup miskin sebenarnya jauh lebih besar.

ddd
Rabu, 12 Januari 2011, 12:56
masyarakat miskin berebut sembako
masyarakat miskin berebut sembako (ANTARA/Ahmad Subaidi)

VIVAnews- Pemerintah membanggakan angka kemiskinan turun dari 14,2 persen pada 2009 menjadi 13,3 persen pada 2010. Atau penduduk miskin Indonesia turun dari 32 juta jiwa menjadi 31,02 juta pada 2010.

Pertanyaannya, benarkah penduduk miskin Indonesia hanya 31,02 juta jiwa?

Pengamat ekonomi Hendri Saparini mengakui sangat mungkin angka kemiskinan menurun. Artinya jumlah orang yang berada di bawah garis kemiskinan, yaitu dengan pengeluaran per bulan Rp211.726 mengalami menurun.

Namun, dia menekankan orang yang hidup miskin sebenarnya jauh lebih besar. Itu jika dengan memasukkan orang yang mendekati garis kemiskinan, maka jumlahnya lebih besar.

"Jika berbicara soal orang miskin, semestinya tak hanya mereka yang berada di bawah garis kemiskinan berkurang, namun juga bicara mereka yang mendekati garis kemiskinan," kata dia kepada VIVAnews di Jakarta.

Sebagai gambaran orang miskin Indonesia lebih banyak dari 31 juta jiwa, Hendri menyebutkan jumlah penduduk yang mendapatkan jatah beras miskin yaitu 17,5 juta keluarga. Jika diasumsikan satu keluarga beranggotakan empat orang, maka sesungguhnya jumlah orang miskin di Indonesia sebanyak 70 juta jiwa.

"Jika masyarakat menganggap pemerintah tidak berhasil mengentaskan kemiskinan, ya wajar saja. Karena ukuran miskin dengan pengeluaran sekitar Rp200 ribu per bulan itu sangat kecil. Susah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Hendri berpendapat, untuk mengentaskan kemiskinan, dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan dasar, pangan, dan papan bagi masyarakat miskin yang tidak produktif. Namun untuk yang produktif, pemerintah harus menyediakan lapangan pekerjaan.

Menurutnya, yang diperlukan adalah koreksi terhadap definisi pengentasan kemiskinan. Dengan demikian, solusinya tidak hanya fokus pada mengurangi jumlah orang yang berada di bawah garis kemiskinan, namun juga membantu mereka yang mendekati garis kemiskinan.

Sebelumnya, pemerintah mengklaim berhasil mengentaskan 1,5 juta penduduk miskin sepanjang 2010. Tidak hanya itu, pemerintah juga mengaku telah membuka 3,4 juta lapangan kerja baru pada 2010. (hs)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
ltfyh.miloet
23/11/2011
kemiskinan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah,,, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama. andai saja orang-orang pada bener menyedekahkan hartanya, pasti gak ada deh orang yang miskin didunia ini.
Balas   • Laporkan
heppyyyy
14/01/2011
jaman sekarang yg disebut miskin tu yg kyk gmn?? ga punya duit??ga punya t4 tinggal?? kenyataannya byk orang yg miskin tapi bisa hidup baik cek dijalan..orang ngemis aja bisa kuliahin anaknya kalo bergantung sama pemerintah ya susah utang negara masih byk
Balas   • Laporkan
fandi
14/01/2011
loe ngmong gue jga bsa,,, hheheheh,,, dah lah jangn ngndalin yg ga bsa diandlin skrng yg trpnting adl solusinya,,,ga usah muluk2 pngin mkanin 31jt jwa deh,,, yg pnting gmna cra bntu org skitr qt za dlu,, jngan ampe tetangga kita makan tiwul yg udh jmuran
Balas   • Laporkan
ocie
13/01/2011
Pak BEYE teruskanlah dengan kebohonganmu, emang gue percaya, gak kalee, SBY = Suka Bohong Ye
Balas   • Laporkan
amih
13/01/2011
angka kemiskinan 13.3% itu salah karena faktor yg dipakai sdh tdk sesuai dgn kebutuhan skrng,sbnarnya orang miskin di indonesia banyak sekali...coba liat disekitar kita
Balas   • Laporkan
ama
13/01/2011
ya elah.......,miskin dan kaya adalah pilihan...ketergantungan pada diri sendiri itu yang pasti...,yang penting kita jangan miskin hati ....key!!!!!
Balas   • Laporkan
jojecus
13/01/2011
"Kenapa Makin Banyak Orang Kaya Baru Indonesia apakah Reformasi ekonomi dan politik telah menciptakan banyak orang kaya baru Indonesia.?? ini headline news yang harus dijawab... KARENA BANYAK KORUPTOR YG MEREFORMASI EKONOMI & POLITIK UNTUK KORUPSI!!!
Balas   • Laporkan
jojecus
13/01/2011
"Kenapa Makin Banyak Orang Kaya Baru Indonesia apakah Reformasi ekonomi dan politik telah menciptakan banyak orang kaya baru Indonesia.?? ini headline news yang harus dijawab... KARENA BANYAK KORUPTOR YG MEREFORMASI EKONOMI & POLITIK UNTUK KORUPSI!!!
Balas   • Laporkan
jojecus
13/01/2011
"Kenapa Makin Banyak Orang Kaya Baru Indonesia apakah Reformasi ekonomi dan politik telah menciptakan banyak orang kaya baru Indonesia.?? ini headline news yang harus dijawab... KARENA BANYAK KORUPTOR YG MEREFORMASI EKONOMI & POLITIK UNTUK KORUPSI!!!
Balas   • Laporkan
folly akbar
12/01/2011
data apa itu??? fakta org miskin mkin bnyak....
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru