2015, Surabaya Segera Bangun Monorel

Kereta monorel
Sumber :
  • www.fratkin.com

VIVAnews - Pada 2015 kemacetan Surabaya diprediksi bakal makin parah bahkan bisa saja lalulintas berhenti. Salah satu upaya Pemkot Surabaya dalam mengatasi kemacetan adalah berupaya merealisasi proyek monorel.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

Karena itu, tercetus gagasan untuk membangun Kereta Monorel Elevated. Namun pembangunan KRL di Surabaya ini masih tertunda. Proyek yang bekerjasama dengan Pemerintah Perancis itu seharusnya dimulai tahun 2009 ini. Namun karena belum ada keputusan dari pemerintah pusat maka proyek itu tak bisa dilakukan.

Ini berdasarkan hasil adopsi dari penelitian Societe Nationale des Chemins de Fer (SNCF), atau PT KA-nya Perancis. Dimana perjalanan ke berbagai rute yang dilalui, seperti dari Surabaya ke Bandara Juanda atau sebaliknya, bisa dipersingkat. Bahkan, SNCF berani memprediksi bahwa penumpang KRL Surabaya akan mencapai 50.000 orang per hari.

Berdasarkan hasil kajian analisa Feasibility Study proyek pembangunan KRL didapatkan nilai BCR paling tinggi adalah 1,136 yang berlaku untuk investasi jenis angkutan KRL dengan jalur melayang dengan sistem tiket flat seharga Rp10.000.

Masa investasi selama 40 tahun, asumsi kenaikan harga 20% tiap 5 tahun, payback period positif mulai tahun ke 9 selama investasi. Keuntungan pada tahun ke 40 sebesar Rp. 41.512.089,81, merupakan keuntungan yang sangat kecil dibanding pengeluaran tiap tahun sehingga hampir tidak memungkinkan adanya investor yang bersedia melakukan investasi tanpa bantuan pemerintah. Harga tiket Rp. 10.000 masih dirasakan terlalu mahal apabila dibandingkan dengan angkutan umum yang lain.

Berdasarkan rencana, Kereta Monorail Elevated akan menggunakan jalur rel yang akan dibangun sepanjang 22 kilometer tepat di atas perlintasan jalur rel yang menghubungkan Stasiun Sidotopo ke arah Stasiun Gubeng, Wonokromo, Waru, Sedati dan berbelok ke arah Juanda.

Menurut Bambang DH dana yang bakal terserap untuk proyek ini diperkirakan menelan dana sekitar Rp 1 triliun. Sebelumnya investor swasta asing dari Cina telah bersedia untuk menjalin kerjasama dalam pembangunan proyek KRL ini. Namun, sampai sekarang pembiayaan proyek KRL ini masih belum ada ketidakjelasan.

Dengan ketidakjelasan pembiayaan pada pembangunan KRL ini maka perlu adanya skenario pembiayaan yakni :

1. Skenario pertama adalah sharing biaya antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kota. Dengan anggaran sharing yang telah ditentukan, misalnya pemerintah pusat dan pemprov 80% dan pemkot 20%.

2.Jika dari skenario pertama gagal, maka skenario kedua adalah dengan skema joint venture yakni sharing dari pemerintah dan investor. Jika pemerintah tersendat dalam pembiayaan pembangunan maka sisa dana investai akan ditutupi oleh sharing pemerintah dan investor.

Dengan sistem investasi,pemerintah menganggari pembebasan lahan, kontruksi dan pengadaan transportasi sedangkan investor pada operasional.

Dengan adanya skenario-skenario tersebut maka diharapkan pembangunan dan pengembangan KRL di Surabaya dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan. (adi)

Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024