Gubernur BI: Soal Gaji Itu Rahasia

Darmin Nasution Ikuti Uji Kelayakan Cagub Bank Indonesia
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution enggan menjelaskan berapa gaji yang diterima dirinya saat ini. Menurutnya, urusan gaji itu merupakan rahasia dirinya.

"Nanti saja, gaji itu rahasia," kata Darmin Nasution usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) Antara BI dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Senin 24 Januari 2011.

Saat ditanya, apakah benar gaji Gubernur BI lebih besar dibandingkan gaji presiden, Darmin juga enggan berkomentar. Dirinya akan membeberkan berapa gaji yang ia terima, saat BI dan dirinya telah menjelaskan kepada DPR.

"Saya akan jelaskan pada saat saya sudah menjelaskan kepada DPR," kata mantan Dirjen Pajak ini.

Sejauh ini, gaji Gubernur BI merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan gaji petinggi lembaga negara lainnya. Menurut Ketua Komisi Keuangan DPR, Harry Azhar Aziz, gaji Gubernur BI mencapai Rp265 juta per bulan, sehingga lebih tinggi dari gaji presiden yang hanya Rp62 juta.

"BI mengusulkan tujuh persen kenaikan gaji untuk seluruh pegawai sesuai dengan indeksasi inflasi dan 2,5 persen untuk prestasi. Berarti BI ajukan kenaikan 9,5 persen," katanya.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Seperti diketahui, Bank Indonesia mengusulkan kenaikan pos anggaran gaji dan penghasilan karyawan bank sentral itu pada tahun ini. Lengkapnya, bisa baca di sini. (hs)

Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024