Air Asia Akan Buka Rute Bandung-Singapura

VIVAnews - Air Asia akan segera membuka rute Bandung-Singapura dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A-320. Namun pembukaan rute itu masih harus menunggu tebalnya landasan di Bandara Husein.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Karena saat ini, landasan Husein hanya mampu mengakomodasi pendaratan untuk pesawat maksimal jenis Boeing 737-300. Sementara penerbangan Air Asia sudah didominasi jenis pesawat Airbus A-320.

"Kalau landasannya sudah siap. Kami akan langsung buka jalur itu. Sementara sekarang ini, kami masih menggunakan Boeing 737-300 untuk layanan penerbangan Bandung-Kualalumpur," kata Presiden Direktur Air Asia Dharmadi, melalui keterangan pers yang diterima VIVAnews, Jumat 9 Januari 2009.

Upaya pembukaan rute baru tersebut, diakui Dharmadi tidak akan terpengaruh besar oleh kondisi krisis keuangan global. Karena berdasarkan perhitungannya, kondisi krisis tersebut masih akan meningkatkan perekonomian di Indonesia sekitar 5 persen, sedangkan untuk sektor transportasi masih akan meningkat sekitar 8 persen.

"Ini dibuktikan dengan optimisme kami yang menargetkan jumlah penumpang pada tahun 2009 secara nasional akan mencapai 3,5 juta orang. Sedangkan tahun 2008 lalu kita mendapat 2,5 juta orang," katanya seraya dijelaskannya bahwa yang 2,5 juta penumpang itu sekitar 5 persennya atau 160 orang merupakan penumpang asal Indonesia.

"Jadi keberadaan rute ke Indonesia termasuk ke Bandung itu akan menambah kunjungan warga asing ke kita," tambahnya.
Untuk rute dari dan ke Bandung, ditambahkan Dharmadi, pada tahun 2007 hanya mencapai 46 ribu orang. Sedangkan untuk tahun 2008 mencapai 80 ribu penumpang.

"Karena itu, dengan menargetkan penumpang yang lebih besar lagi pada rute Bandung, kita akan menambah rute perjalanannya Bandung-Singapura serta rute Kualalumpur dan Singapura ke Yogyakarta, Medan, Denpasar dan Surabaya," jelas Dharmadi.

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024