Antrean Merak Tambah Parah, ASDP Minta Kapal

Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • VIVAnews/Nicolaus Tomy Kurniawan

VIVAnews - Dua pekan sudah antrean kendaraan truk angkutan barang yang akan menuju ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon Provinsi Banten semakin parah. Selain memadati areal parkir di dalam pelabuhan, antrean juga mengular hingga ke dalam tol Merak-Jakarta.

Di dalam tol sendiri panjang antrean mencapai 8 kilometer. Akibatnya dua pintu keluar tol yaitu gerbang Merak dan gerbang Cilegon Barat tidak dioperasikan. Kendaraan pribadi dan kendaraan angkutan umun yang akan menuju ke arah Merak harus keluar melalui gerbang tol Cilegon Timur.

Untuk mengatasi antrean semakin parah pihak PT ASDP Indonesia Ferry meminta bantuan kapal tambahan untuk segera mengatasi antrean itu. Kapal milik Kementerian Perhubungan yaitu KM Kalibodri dan kapal milik PT Pelni yaitu KM Ganda Dewata, akan beroperasi di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni.

"KM Ganda Dewata hari ini sedang dalam perjalanan menuju ke Merak, mudah-mudahan besok bisa mulai beroperasi," kata pelaksana tugas Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Persero, Sirajuddin Saini, kepada wartawan di Merak, Kamis 24 Februari 2011.

Dijelaskan Sirajuddin, kapal KM Ganda Dewata akan beroperasi di Pelabuhan Ciwandan, dengan rute Ciwandan- Panjang Provinsi Lampung, kapal denganĀ  bobot mati 10.000 GT mampu mengangkut 200 kendaraan campuran dengan kapasitas angkut penumpang sebanyak 400 orang. Menurut dia nantinya kendaraan truk akan diarahkan menuju ke pelabuhan Ciwandan.

Dalam penjelasannya, Sirajudin menjelaskan beberapa faktor penyebab kemacetan yang sudah berlangsung selama dua pekan ini. Faktor penyebabnya yaitu kondisi teknis kapal ternyata berdampak pada kesiapan operasi kapal secara menyeluruh, tidak mampu memenuhi jadwal dan target jumlah trip. Selain itu terjadi kesenjangan antara kebutuhan jumlah kapal (supply) dengan permintaan arus penumpang dan kendaraan (demand).

"Realisasi ketepatan keberangkatan kapal sering kali tidak sesuai atau melampaui dengan jadwal keberangkatan kapal, dan realisasi kecepatan lama berlayar melampaui target jadwal yang telah di tentukan," jelas Sirajuddin.

Selain itu produktivitas dermaga 1, 2 dan 3 lebih tinggi dari dermaga 4 dan 5 di Merak maupun di Bakauheni. Artinya kondisi teknis dermaga 4 di Pelabuhan Bakauheni tidak sesuai dengan ukuran panjang kapal di atas 100 meter. Sedangkan dermaga 5 di Pelabuhan Merak belum memiliki pasangan dermaga di Pelabuhan Bakauheni.

Ditanya kapan antrean ini akan segera teratasi, Sirajuddin tidak bisa memastikannya. Tetapi pihak PT ASDP Indonesia Ferry berupaya melakukan koordinasi secara intensif dengan pihak regulator, pengelola jalan tol PT MMS dan GAPASDAP untuk mengurai kemacetan diantaranya mengoptimalkan jumlah kapal operasi menjadi 18 kapal dengan 64 trip per hari yang mengangkut sekitar 20.000 orang dan 4.000 unit kendaraan.

Selain itu, akan diupayakan perubahan operasi kapal di tiap dermaga, yang tadinya di dermaga 1, 2 dan 3 dioperasikan 6 kapal, sekarang diubah menjadi 5 kapal tiap dermaga. Sehinggga dermaga 4 dan 5 dioptimalkan dengan jumlah kapal yang beroperasi menjadi 3 atau 4 kapal per dermaga.

Tidak Mentolerir

Ditanya mengenai adanya oknum nakal yang sering meminta uang pelicin dari para supir truk di dalam pelabuhan, Sirajuddin tidak akan mentolerir perbuatan oknum itu.

"Maksud kedatangan saya ke sini juga untuk melihat apakah ada kegiatan itu? Kalau ada saya akan telepon Kapolda Banten," tegasnya. Sirajuddin juga meminta apabila ada oknum pegawainya yang berbuat nakal supaya dilaporkan.

Dalam kondisi antrean ini para supir truk angkutan barang mengeluhkan sering adanya uang siluman yang di pungut petugas pelabuhan. Apabila mereka memberikan uang pelicin itu mereka bisa segera masuk ke areal dermaga yang tidak padat kendaraannya. (sj)

Laporan: Saputra i CilegonĀ 

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024