BISNIS

Ini Lokasi Rumah Murah Rp20 Juta

Pemerintah optimistis program rumah murah dengan biaya Rp20-26 juta akan berhasil.

ddd
Selasa, 1 Maret 2011, 07:10
Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa
Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa (biro pers Istana)

VIVAnews - Kementerian Perumahan Rakyat, optimistis program rumah murah dengan biaya Rp20-26 juta akan berhasil. Sebab, selain ditopang subsidi selisih bunga, rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah ini bebas uang muka dan bebas pajak.

Nah, akan diperuntukan bagi provinsi mana saja rumah murah tersebut? Berikut penuturan Paul Marpaung, Deputi Bidang Perumahan Formal Kemenpera saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta.

Paul menuturkan, proyek percontohan (pilot project) rumah murah tersebut akan dibangun di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Semarang. "Pastinya, Jakarta itu mencakup Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi)," ujarnya.

Dia mengakui, meski di kota-kota besar lahan atau tanah kosong sudah terbatas, namun Paul optimistis pembangunan rumah murah seharga Rp20-26 juta tersebut tetap bisa terealisasi. Sebab, pengadaan lahan akan ditopang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun instansi pemerintah lainnya. "Pihak Pemda (pemerintah daerah) juga akan dilibatkan," ujar Paul.

Selain itu, Paul melanjutkan, dari pihak masyarakat pun bisa. Misalnya, pengadaan lahan diadakan oleh mereka, sehingga pemerintah tinggal membangunnya. "Tentunya, rumah itu akan bebas pajak (IMB) dan skema subsidi yang diprogram untuk rumah murah," kata dia. 

Sebelumnya, Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa juga mengatakan, pemerintah akan memberikan subsidi berupa tanah. Ia mencotohkan, tanah milik Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian RI. "Tanah mereka ada tersedia, dan untuk PNS akan kami sediakan, kerja sama dengan pemerintah daerah," ujar dia.

Suharso menambahkan, program rumah murah ini juga akan menggunakan tanah-tanah milik BUMN yang terbengkalai atau belum dimanfaatkan. "Kami sudah MoU dengan BUMN, sekarang tinggal bagaimana menentukan target peruntukannya," kata Suharso.

Pemerintah, lanjut dia, akan menggunakan data Kredit Usaha Rakyat dari perbankan dalam menentukan target. "Data ini satu nama, satu alamat. Sehingga bisa menjangkau mereka karena bankable," ujarnya. (kd)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
suyatmoko
03/03/2011
semoga pejabat2 yg mengurusi program rumah murah benar2 memegang komitmenya, dan amanah demi rakyat kecil yg semakin tahun semakin jauh dari harapan memiliki rumah idaman biar pun mugkin belum memenuhi harapan. semoga alloh trus memberikan hidayah,....ami
Balas   • Laporkan
ikesusanti
03/03/2011
Di Surabaya tolong direalisasikan,,dan prosedur untuk mendapatkan perumahan itu disosialisasikan sampai ke tingkat RT sekalipun...
Balas   • Laporkan
Suara Hati
02/03/2011
Jangan sampai masyarakat di persulit lagi oleh INSTANSI dari pemerintah terkait, utk bisa mendapatkan rumah tsb!!!
Balas   • Laporkan
brolovelumpia
02/03/2011
Wah semoga bukan retorika saja. Karena rumah sekarang di atas 70jt. Itupun masih ada biaya lain-lain. Semoga segera terealisasi khususnya di Semarang. Bagaimana dengan PNS yang instansi vertikal? Apakah bisa memilikinya?
Balas   • Laporkan
edo
02/03/2011
Semoga terwujud. tapi biasanya sih kalo rumah murah...gitu ..kwalitas nya juga ...asal asalan..mirip RSSSSS
Balas   • Laporkan
kasihan bung
01/03/2011
Pak, tolong, dong direalisasikan ke seluruh Indonesia Raya, agar semua merasakan program ini khususnya golongan masyarakat menengah ke bawah!
Balas   • Laporkan
jomlo
01/03/2011
Di Denpasar kapan ya akan diprogramkan? Program ini sangat bagus bagi masyarakat menengah ke bawah berpengasilan rendah. Saya tunggu program ini di Denpasar
Balas   • Laporkan
mandagi
01/03/2011
kenapa tidak kesemua daerah kalau ini program pemerintah,,,? dan diutamakanlah keluarga yang tidak mampu, jangan hanya judulnya saja untuk orang miskin tetapi kenyataan dilapangan tidak,,,,,,PEACE
Balas   • Laporkan
Budiman S.Aliah
01/03/2011
Yah,,kami tunggu realisasinya,,,utamanya diluar pulau Jawa (Sulawesi-Selatan),,jangan tunggu dekat2 pemilu baru direalisasikan,,,,
Balas   • Laporkan
H3RUXX
01/03/2011
SMG NIAT BEK INI BS MEMEBANTU KM YG HIDUP DIKONTRKAN AMIIIIN KAMI TUNGGU PROGRAM RUMAH MRH NA DI PADANG PAK...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id