Pertumbuhan Ekonomi Bisa Tembus 8 Persen

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews- Pertumbuhan ekonomi Indonesia diramalkan dapat mencapai 7 persen bahkan bisa mencapai 8 persen.

Chief Economist Danareksa Research, Purbaya Yudhi Sadewa, menilai hal itu bisa terjadi jika belanja pemerintah dilakukan lebih cepat. Namun, tren belanja pemerintah di awal tahun selalu minus dan baru mulai berjalan pada kuartal II hingga IV. Ia memberikan contoh ketika pemerintah tidak dapat membelanjakan anggaran sekitar Rp38 triliun pada 2010 lalu. Tahun ini belanja pemerintah mulai efektif pada kuartal II.

Performa belanja pemerintah selama kuartal I/2011 dinilai tidak memadai terhadap pertumbuhan ekonomi yang kian pesat. Belanja konsumsi pemerintah pada kuartal/2011 I diprediksi minus 30 persen. Pertumbuhan ekonomi Indonesia sendiri ditargetkan dalam APBN sebesar 6,4 persen. Namun sesungguhnya bisa lebih dari itu jika pengelolaan belanja negara lebih baik. Purbaya memprediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 6,2-6,8 persen.

"Melihat pertumbuhan saat ini terutama di pasar modal, di atas kertas pertumbuhan bisa mencapai 8 persen. Namun, bisa mengakibatkan overheating karena pemerintah tidak efisien dalam belanjanya terutama infrastruktur," kata pria yang akrab disapa Yudhi ini, di Jakarta, Selasa 8 Maret 2011.

Hal senada juga diungkapkan ekonom UGM, Anggito Abimanyu. Menurutnya, saat ini Indonesia dalam momentum masuknya investasi asing. Namun jika tak dibarengi dengan kebijakan yang memfasilitasi pertumbuhan jangka pendek, akan terjadi pembalikan dalam jangka panjang. "Arus investasi akan menurun kembali ke posisi normal," katanya.

Ekonom Regional RBS, Lim Su Sian, menambahkan ekonomi Indonesia tahun ini akan bersinar, terutama disumbangkan dari konsumsi, ekspor dan investasi. Pasar modal juga diprediksi akan terus meningkat  meski ada risiko bagi rupiah.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024