BI: Cadangan Devisa Bisa Capai US$120 Miliar

Hartadi Sarwono
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Farida Ahniar

VIVAnews - Bank Indonesia (BI) optimis Cadangan Devisa (Cadev) Indonesia hingga akhir tahun 2011 bakal mencapai US$120 miliar. Saat ini cadangan devisa tercatat sudah tercapai US$101,8 miliar.

"Bagian terbesar cadangan devisa disumbang oleh penerimaan negara, khususnya minyak bumi dan gas," ujar Deputi Gubernur BI Hartadi A Sarwono di sela seminar Coping With Asia's Large Capital Inflows In a Multi Speed Global Economy di Nusa Dua, Bali, Jumat, 11 Maret 2011.

Menurut Hartadi, kenaikan tersebut disebabkan derasnya aliran masuk modal asing  (capital inflow). Selain itu, kenaikan juga ditunjang oleh beberapa faktor yaitu kenaikan pendapatan pemerintah dari sektor minyak bumi dan gas (migas). Kenaikan harga komoditas, termasuk minyak, menyebabkan kenaikan penerimaan negara.

Faktor lain yang turut mendorong adalah intervensi pasar yang dilakukan bank sentral. Untuk menjaga rupiah tetap stabil, BI mengaku lebih banyak membeli dollar untuk menghindari penguatan nilai tukar Rupiah yang terlalu besar. "Itu menambah cadangan devisa," kata Hartadi.

Disisi lain, untuk menghadapi capital inflow, BI juga mengeluarkan berbagai kebijakan agar dana asing ini tidak mengganggu ekonomi domestik.

Gubernur BI, Darmin Nasution, menjelaskan terdapat lima kebijakan kunci yang dilakukan bank sentral.  Pertama, kebijakan suku bunga yaitu  BI rate ditetapkan untuk mencapai stabilitas harga dengan mempertimbangkan outlook ekonomi makro dan stabilitas sistem keuangan.

Kedua, fleksibilitas nilai tukar yaitu apresiasi Rupiah untuk menolong pencapaian stabilitas harga. Ketiiga, akumulasi cadangan devisa untuk self-insurance menghadapi risiko pembalikan arus modalkeluar  yang besar dan tiba-tiba.

Keempat, kebijakan makro yang berhati-hati terhadap aliran modal asing (capital flows) harus bisa tepat sasaran, guna menahan capital inflows yang berjangka pendek dan spekulatif.

Kelima,
memperkuat operasi moneter dan kebijakan makro yang berhati-hati dalam sistem stabilitas finansial untuk manajemen pengelolaan likuiditas domestik dalam menghadapi serbuan capital inflow.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024