Toyota Jepang Tunda Produksi Kembali

Produksi mobil Toyota Prius di Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Shizuo Kambayashi

VIVAnews- Toyota Motor memutuskan untuk menunda memulai kembali produksinya di Jepang. Raksasa mobil itu awalnya berniat membuka pabriknya pada Rabu ini, namun sulit menyediakan komponen yang cukup.

Pembuatan komponen otomotif itu terpukul setelah gempa dan tsunami yang menghantam Jepang, khususnya timur laut Tokyo.

Seperti yang diberitakan NHK, Toyota mengatakan permasalahan yang belum terselesaikan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi membuat pemasok komponen berhenti berproduksi. Produsen mobil itu tengah mempertimbangkan pengadaan beberapa suplai dari produsen alternatif dan beralih ke model yang memiliki komponen yang cukup. Sedangkan produsen otomotif yang lain, Fuji Heavy Industry mengatakan berhenti produksi hingga Kamis.

Sementara menurut Dailyfinance.com, penundaan produksi kembali Toyota itu menjadi pertanyaan seberapa cepat produsen mobil terbesar itu akan melanjutkan operasinya di pasar dalam negeri setelah bencana.

Dalam pernyataannya minggu lalu, Toyota mengatakan penghentian produksi terkait kerusakan pembangkit setelah gempa hingga 22 Maret. Namun perusahaan itu menambahkan "keputusan untuk melanjutkan produksi kendaraan belum dibuat"

Toyota tak sendirian menghadapi kesulitan listrik. Produsen Jepang lainnya juga tengah berjuang untuk memulai produksi kembali setelah gempa, yang menyebabkan listrik padam karena sebagian reaktor nuklir lumpuh. Produsen elektronik, Sony telah menutup delapan pabriknya. Sama seperti Toyota, upaya Sony untuk memulai kembali produksinya menjadi lumpuh karena gangguan pasokan ratusan komponen yang berbeda dari berbagai pemasok.

Tak hanya itu, Honda Motor, produsen mobil Jepang terbesar ketiga juga telah menghentikan operasi pada enam pembangkit, termasuk tiga pabrik mobil. Nissan Motors yang juga menutup enam pembangkit mengatakan akan memulai kembali produksinya pada Minggu. (adi)

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
Ramen.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Ramen is a type of noodle soup dish that is made with wheat noodles, broth, and toppings. Instant ramen may include a flash-fried or air-dried block of noodles, a flavour

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024