BISNIS

Ini Daftar Kenaikan Gaji PNS

Total gaji PNS eselon I bisa mencapai Rp40 juta.

ddd
Jum'at, 25 Maret 2011, 14:43
Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Pegawai Negeri Sipil (PNS) (VIVAnews/Adri Irianto)

VIVAnews - Pemerintah menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sekitar 10-15 persen tahun ini. Dengan kenaikan itu, gaji pokok PNS akan meningkat mulai dari Rp1,175 juta hingga Rp4,1 juta per bulan.

Kenaikan gaji pokok itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 11 Tahun 2011 tentang Perubahan Ketigabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Selain gaji pokok, PNS juga menerima tunjangan lainnya seperti tunjangan fungsional, tunjangan jabatan, bahkan tunjangan kinerja yang nilainya melebihi gaji pokok. Tunjangan kinerja ini terutama didapatkan pegawai yang bekerja di kementerian yang telah disetujui pelaksanaan reformasi birokrasi-nya.

Menurut Dirjen Perbendaharaan, Agus Supriyanto, tunjangan struktural yang diterima mencapai Rp6 juta untuk eselon I. Total untuk golongan IV e atau setingkat wakil menteri keuangan dapat membawa pulang gaji Rp40 juta.

Berikut ini beberapa rincian kenaikan gaji PNS 2011 dari golongan terendah ke tertinggi:

Pegawai Golongan I a dengan masa kerja 0 tahun Rp1.175.000
Pegawai Golongan I a dengan masa kerja 10 tahun Rp1.346.800
Pegawai Golongan I a dengan masa kerja 26 tahun Rp1.675.200

Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 0 tahun Rp1.505.400
Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 11 tahun Rp1.749.600
Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 21 tahun Rp2.004.900
Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 33 tahun Rp2.361.400

Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 0 tahun Rp1.902.300
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 10 tahun Rp2.180.300
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 20 tahun Rp2.499.000
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 32 tahun Rp2.943.400

Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 0 tahun Rp2.245.200
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 10 tahun Rp2.537.300
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 20 tahun Rp2.949.400
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 32 tahun Rp3.473.900

Sementara itu, untuk pejabat eselon I, yaitu golongan IV d dan golongan IV e adalah:

Golongan IV d masa kerja 0 tahun Rp2.542.300
Golongan IV d masa kerja 10 tahun Rp2.913.900
Golongan IV d masa kerja 20 tahun Rp3.339.700
Golongan IV d masa kerja 32 tahun Rp3.933.600

Golongan IV e masa kerja 0 tahun Rp2.649.900
Golongan IV e masa kerja 10 tahun Rp3.037.100
Golongan IV e masa kerja 20 tahun Rp3.481.00
Golongan IV e masa kerja 32 tahun Rp4.100.000

Untuk selengkapnya dapat dilihat pada dokumen Daftar Gaji Pokok PNS 2011 di kanan atas.

(art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
suharto
22/07/2011
Gaji naik diikuti dengan naiknya harga dan selalu kalah cepat dengan kenaikan harga sehingga tetep saja nasib PNS sama namun perlu disyukuri bahwa sekarang memang sudah lebih baik. Semoga kinerja atau etos kerja guru makin meningkat
Balas   • Laporkan
dody harmides
08/07/2011
Gaji naek ....alhamdullillah,.. harus kita syukuri,,,,,,,jgan mengeluh tar kalo di turunin lebih mengeluh lagi...." syukuri apa yang ada , hidup adalah anugrah..."
Balas   • Laporkan
Jo_ngost
04/07/2011
Gaji PNS memang besar,, tetapi tdk manusiawi. ...Apalagi yg mempunyai beban Kerja Berat.... Gimana Boss, Pukul Rata aja??
Balas   • Laporkan
yeni
02/07/2011
pns sama aja tuh dgn non pns gaji naik utang nambah truss
Balas   • Laporkan
marlan
02/07/2011
TNI, POLRI REMUNERASI , GURU SERTIFIKASI , TEROS PEMDA APAAAA ?
Balas   • Laporkan
santi_h
14/06/2011
Alhamdulilah gaji naik..bisa bayar hutang kredit rumah,berlibur sama anak keluarga..bagi yg non PNS,jangan sedih jangan iri,,masih ada pendaftaran CPNS lagi kok tahun ini..
Balas   • Laporkan
fitri
01/04/2011
Alhamdulillah,gaji naik 10% nah barang kebutuhan naiknya 100%,malah tekor khan,lagian di koran2 dibikin judul besar2 gaji pns naiksampai 4 juta,pns yang golongan berapa dulu???rata2 pns itu yg byk gol II dan III jadiiiiiii
Balas   • Laporkan
kabur
30/03/2011
sudah sudah..begitu saja diributin... gada gunanya saling iri hati.. bagi yang PNS, silahkan tingkatkan kinerjanya dan buktikan klo masy gak salah bayar pajak,, selain PNS, yook kita kontrol mereka dg baik... ciptakan kondisi indonesia lebih adem.
Balas   • Laporkan
lemonjus | 02/04/2012 | Laporkan
pns jg bayar pajak!! anda pikir pajak itu cuma utk pns? emang anda gak menikmati fasilitas dr negara ya selama ini?!
mas_mantri
25/03/2011
alhamdulillah...semoga berkah untuk keluarga... Mas2e...Mbak2e...udah gak usah hujat sana hujat sini...belum tentu apa yg kita perbuat dirasa baik juga oleh orang lain...hanya satu yg sebenarnya hilang dari bangsa ini...RASA UKHUWAH,PERSATUAN,dan KESATUAN
Balas   • Laporkan
cougar
25/03/2011
memang betul, semoga Para PNS tahu diri bahwa mereka digaji menggunakan uang pajak dari rakyat dengan bekerja sebaik mungkin, bukan malahan ingin dilayani dan berlaku arogan.
Balas   • Laporkan
lemonjus | 02/04/2012 | Laporkan
pns jg bayar pajak! lagian emang anda pikir pajak negara semua buat pns!? kalo komen yg pinter donk...
santi_h | 14/06/2011 | Laporkan
Pasti anda belum bekerja,,iya kan..jika anda bekerja pasti tdk bicara demikian


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com