Pengusaha Hotel Minta Pajak Minuman Turun

VIVAnews - Pengusaha hotel dan restoran nasional meminta pemerintah segera menurunkan tarif Pajak Penjualan Barang Mewah atas minuman beralkohol menjadi 50 persen.

"Tarif PPnBM minumah beralkohol saat ini sangat tinggi, yakni 400 persen," kata Direktur Eksekutif Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Carla Parengkuan dalam jumpa pers di Hotel Syahid, Jakarta, Senin 12 Januari 2009. 

Dengan adanya tarif setinggi itu, Carla mengatakan, distributor tidak berani menyediakan pasokan yang terlalu banyak karena harga yang melambung. "Padahal, pasokan di pabrik sampai bertumpuk," katanya. 

Jika pasokan di distributor sedikit, maka hotel dan restoran sebagai domain minuman beralkohol mengalami kelangkaan pasokan. "Akhirnya turis yang kena getahnya. Mereka menjadi kesulitan mencari minuman yang disukai," kata Carla.

Bahkan, dia melanjutkan, ada kasus beberapa turis dari Eropa sempat menyobek menu suatu restoran di Bali hanya karena tidak bisa menemukan wine. Karena itu, imej pariwisata Indonesia akan ikut tercoreng dan target mendapatkan 6,5 juta wisatawan tahun ini sulit tercapai. 

"Pengusaha mendukung upaya penertiban impor, tapi hendaknya membuat peraturan yang jelas dan transparan agar distribusi produk-produk tersebut tepat sasaran," kata Carla. 

Jika pembatasan impor tidak ditinjau ulang, ditakutkan akan bermunculan barang-barang palsu yang justru berbahaya bagi kesehatan. Tak hanya minuman beralkohol, rum untuk bahan roti dan cooking wine juga mengalami kelangkaan. "Begitupun mozarela cheesse yang sudah tidak diproduksi di Indonesia," kata Carla. 

PHRI sudah sempat mengajukan permohohan penurunan tarif PPnBM ke Menteri Keuangan melalui Menteri Kebudayaan dan Pariwisata. "Namun, hingga sekarang belum ada tanggapan," ujarnya.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024