Garap Perumahan

2009, Pengembang Tunggu Ekonomi Kondusif

VIVAnews - Para pengembang diperkirakan masih menunggu kondisi ekonomi lebih kondusif untuk kembali membangun proyek propertinya pada tahun ini.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

"Sedangkan permintaan pada kuartal I-2009, relatif tidak berubah karena adanya pengetatan moneter pemerintah," kata Associated Director PT Procon Indah Utami Prasentiana pada seminar sehari Outlook Ekonomi Perbankan dan Properti 2009 di Gedung BTN, Rabu, 14 Januari 2009.

Namun, Utami mengakui penurunan suku bunga acuan perbankan (BI rate) menjadi 8,75 persen bisa berpengaruh dalam waktu dekat terhadap penjualan perumahan.

Apalagi, dia menambahkan, dari survei ditemukan sebagian besar kalangan menengah ke bawah memperlakukan perumahan sebagai kebutuhan dasar. "Hal itu bisa mendorong permintaan perumahan," jelas Utami.

Utami mengatakan, para pengembang akan memberikan sistem pembayaran yang lebih fleksibel atau mensubsidi suku bunga untuk meningkatkan penjualan unit rumah.

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

Sementara itu, dia mengakui, dari sisi permintaan pembeli tetap akan mempertimbang reputasi pengembang dan pembayaran yang menarik sebelum membuat keputusan membeli perumahaan.

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024