JK: Kenapa Kredit MA 60 Sampai US$220 Juta?

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mempertanyakan berapa harga sebenarnya Pemerintah membeli pesawat MA 60 buatan Xian Aircraft-China untuk maskapai penerbangan Merpati Airlines. Kalla pun mengeluarkan hitung-hitungannya.

"Merpati mengatakan dia membeli US$11,2 juta per unit. Jadi, kalau dikali (15 unit), cuma US$160 juta. Tapi, kenapa kreditnya mencapai US$220 juta? Bingung saya," kata Kalla usai menerima pimpinan MPR di kediamannya, Rabu 11 Mei 2011. "Ini memang agak unik."

Namun, Kalla mengatakan tak mau menduga-duga apakah ada penggelembungan harga atau tidak dalam pengadaan pesawat yang salah satunya jatuh di Kaimana, Papua Barat, 7 Mei lalu itu.

Bantu Redam Dampak El Nino, ASDP Tebar 1.000 Sembako Gratis di Pelabuhan Bolok Kupang

"Saya tidak tahu (soal penggelembungan harga). Lebih baik tanyakan ke menteri keuangan dan menteri perdagangan, berapa sih harga yang dibeli pemerintah? Teliti dengan baik," kata dia.

Semula, sambungnya, perjanjian pembelian pesawat ini adalah bisnis antara Merpati dengan Xian, namun kemudian pemerintah ikut terlibat. Karena saat pembelian itu dia menjabat wakil presiden, Kalla menolak untuk membeli. "Tapi disewa saja." (eh)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Bamsoet Nilai Sistem Demokrasi Pemilu Langsung Perlu Dikaji Ulang karena Marak Politik Uang

Bamsoet menilai sistem demokrasi dengan pemilihan langsung perlu dikaji ulang karena sistem tersebut mendorong adanya demokrasi yang bersifat transaksional.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024