Bakrieland Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

GCG Awards : Hiramsyah Thaib, Etty Retno Wulandari & Effendi Gani
Sumber :
  • ANTARA/Audy Alwi

VIVAnews - PT Bakrieland Development Tbk, menyelenggarakan program penghijauan "Pohon Untuk Negeri". Program ini menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) Bakrieland Goes Green.

Menurut Hiramsyah S Thaib, Presiden Direktur & CEO Bakrieland Development, program ini menjadi wujud komitmen perusahaan meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan atau stakeholders Bakrieland akan pelestarian lingkungan dalam upaya mengurangi pemanasan global dengan melakukan penanaman pohon.

"Kami mengajak masyarakat sebagai salah satu stakeholders Bakrieland untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan, dan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. Dimulai, dari diri sendiri dan lingkungan kita masing-masing," ujar Hiramsyah di Bali, Rabu.

Pohon Untuk Negeri, kata Hiramsyah, merupakan salah satu wujud dukungan Bakrieland terhadap program Pemerintah "Gerakan Semiliar Pohon" yang masih berjalan tahun ini dan Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April lalu.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Melalui Pohon Untuk Negeri, Bakrieland akan melakukan sejumlah kegiatan seperti penanaman pohon di area Unit Usahanya yang tersebar di Jakarta, Bogor, Cirebon, dan Lampung, serta membagikan kantung benih tanaman untuk masyarakat.

"Kami berharap, kegiatan penanaman pohon dapat menggerakkan kesadaran masyarakat menggalakkan program menanam pohon. Namun, kami juga berharap masyarakat ikut menjaga dan melestarikan, serta merawat pohon yang telah ditanam sehingga usaha pelestarian lingkungan berhasil dilaksanakan," tambah Hiramsyah.

Bakrieland mengajak stakeholder menanam pohon trembesi dan sengon secara langsung di sekitar area Unit Usaha Bakrieland, seperti di area perumahan Bogor Nirwana Residence, Sentra Timur Residence, di sepanjang ruas tol Kanci–Pejagan, serta di area sebesar 40 hektare sekitar Krakatoa Nirwana Resorts.

Bakrieland menargetkan menanam lebih dari 74 ribu bibit pohon di sekitar Unit Usaha Bakrieland selama setahun ke depan. Pohon trembesi dan sengon dipilih karena banyak menyerap CO2 dan emisi karbon lainnya. Selain itu, pemanfaatan lahan kosong yang ditanam dengan pohon-pohon untuk penyerapan air.

Bakrieland juga membagi-bagikan sekitar 2.000 kantung benih tanaman Sansivera kepada para konsumen unit usaha.

"Inisiatif membagikan kantung benih ini adalah wujud upaya kecil kami mengajak masyarakat secara lebih luas sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman di perkarangan rumah atau lingkungan sekitar lainnya. Kami juga berharap nantinya masyarakat dapat mengajak keluarga dan komunitas mereka turut melestarikan lingkungan dengan penanaman tanaman hijau. Meskipun sederhana, namun langkah ini mampu mereduksi emisi gas karbon dunia," lanjut Hiramsyah.

Jenis benih Sansivera dipilih karena cocok diletakkan di dalam maupun luar ruangan, karena mampu menyerap sekitar 107 jenis unsur yang berbahaya di udara serta mampu menyerap radiasi dari berbagai barang elektronik seperti komputer, televisi, telepon, dan lainnya.

Kantung benih pohon akan dibagikan kepada pengunjung Rasuna Epicentrum, termasuk di Epicentrum Walk, Pasar Festival, Elite Epicentrum Club, dan tamu Aston Rasuna, serta kepada konsumen dan penghuni apartemen Sentra Timur Residence.

Di Bali, Bakrieland membagikan kantung benih pohon kepada para tamu hotel Pullman Bali Legian Nirwana yang berlokasi di Kuta dan Pan Pacific Nirwana Bali Resort yang berlokasi di Tanah Lot.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Bakrieland juga akan membagikan kantung benih kepada para pengunjung The Jungle Waterpark dan tamu hotel Aston Bogor Hotel & Resort, Bogor, serta para pengendara ruas Tol Kanci – Pejagan di Cirebon.

"Kami berharap program dan nilai dari Pohon Untuk Negeri terus dilaksanakan secara berkelanjutan di masa yang akan datang, serta dapat diwariskan kepada anak cucu kita untuk melestarikan dan mempertahankan lingkungan yang asri demi kelangsungan bumi pertiwi," ujar Hiramsyah. (eh)

Laporan: Bobby Andalan, Bali

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Nikita Mirzani bercerita mendapatkan kekerasan baik secara fisik maupun mental dari sang mantan kekasih.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024