Kerugian Kebakaran Kilang Cilacap Rp270 M

Tangki minyak kilang Pertamina RU IV Cilacap yang terbakar
Sumber :
  • Antara/ Idhad Zakaria

VIVAnews - PT Pertamina (Persero) memperkirakan total kerugian akibat kebakaran yang melanda tiga kilang minyak Cilacap, Jawa Tengah mencapai US$30 juta  atau sekitar Rp270 miliar.

"Kerugian ini diharapkan akan diganti asuransi," ujar Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina Rukmi Hadihartini dalam rapat dengan Komisi VII DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 23 Mei 2011.

Rukmi mengungkapkan, kerugian Pertamina akibat kebakaran tersebut berasal dari kerugian fisik tangki dan pembangunan sebesar US$10 juta  atau sekitar Rp90 miliar. Serta kerugian akibat minyak yang terbakar senilai US$20 juta atau Rp180 miliar.

Selain itu, Pertamina juga memperkirakan biaya operasional untuk proses pemadaman kebakaran kilang mencapai US$1 juta  atau Rp9 miliar.

Menurut Rukmi, seluruh nilai kerugian tersebut masih akan divalidasi oleh pihak terkait terutama dari perusahaan asuransi.

Sebut Pemilu Hampir Selesai, Tito Karnavian Serukan "Kita Move On"

Copot Pejabat

Pada bagian lain, manajemen Pertamina memutuskan untuk mencopot jabatan empat orang pegawai setingkat manager sebagai buntut dari terbakarnya kilang minyak Cilacap tersebut.

Keempat orang tersebut masing-masing adalah manager kilang, manajer produksi, manager pemeliharaan, dan manager engineering.

Ketiga tangki di kilang Cilacap terbakar pada 2 April 2011. Tangki yang terbakar bukanlah tangki berisi BBM melainkan berisi minyak ringan HOMC (High Octane Mogas Component).

Api yang membakar tiga tangki minyak milik Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah diketahui mulai merambat sejak Sabtu, 2 April 2011 pada pukul 04.55 WIB  dab baru berhasil dipadamkan pada Rabu, 6 April 2011.

Tangki-tangki tersebut di antaranya tangki 31 T-2 dan tangki 31 T-3 yang sudah padam sejak Minggu, 3 April 2011 dan tangki 31 T-7 yang sebetulnya pada Selasa 5 April 2011 sempat padam tapi kembali terbakar. (umi)

Shin Tae-yong Ungkap Kabar Baik Timnas Indonesia Jelang Piala Asia U-23
Babe Cabita

Pengusaha Syariah Ini Sebut Babe Cabita Anti Riba

Didik Subi panggilannya sempat mengenang sosok Babe Cabita yang ternyata membuka usaha tanpa riba.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024