Australia Stop Ekspor Sapi

Kementerian Pertanian Australia Datangi RI

Sapi Australia
Sumber :
  • agmastes.com

VIVAnews - Kementerian Pertanian Australia akan bertemu dengan Kementerian Pertanian Indonesia hari ini, Senin 13 Juni 2011 untuk membahas kisruh kekejaman terhadap sapi Australia yang dilakukan beberapa Rumah Pemotongan Hewan di tanah air.

Wakil Menteri Pertanian, Bayu Krisnamurti menyatakan  pihak Australia akan datang ke Indonesia untuk membicarakan beberapa hal teknis berkaitan kisruh kekejaman yang dilakukan RPH tanah air yang dibalas Australia dengan menghentikan ekspor sapinya.

"Senin pagi, Wakil Menteri Pertanian Australia beserta tim mendarat. Yang paling pertama mereka datangi itu saya, jam 8 pagi untuk bicara masalah teknis," kata Bayu di sela acara World Economic Forum for East Asia, Minggu.

Lebih lanjut, Bayu mengungkapkan, dengan adanya pertemuan ini diharapkan dalam seminggu ke depan sudah dapat teridentifikasi sebanyak 10 hingga 20 RPH yang layak dengan standar apapun yang diminta pihak Australia.

Ia juga mengakui, sebenarnya dari 12 RPH yang dipermasalahkan Pemerintah Australia, delapan di antaranya telah menjadi mitra kerja Australia yang secara teknis dan fasilitasnya telah disediakan serta mendapat persetujuan Australia.

Sementara itu, Bayu mengatakan stok sapi impor saat ini lebih dari 150 ribu ekor dan setiap tahunnya Indonesia memotong 1,7 sampai 2 juta ekor sapi. "Jadi, jangan pandang impor kita itu gede. Tidak demikian," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kementerian Perdagangan, Mahendra Siregar menyatakan, pihak Kementerian Perdagangan saat ini masih melakukan proses pembahasan mengenai kisruh kekejaman terhadap sapi Australia yang dilakukan RPH tanah air.

Namun, kata dia, dalam waktu atau tidak lama lagi akan dikeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan yang menertibkan cara penjagalan hewan ternak yang melanggar hak asasi hewan atau sadis. "Akan keluar tidak lama lagi peraturan Menteri Perdagangan," kata Mahendra. (umi)

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024