10 Moda Transportasi Massal Terbaik Dunia (2)

Maket MRT Jakarta
Sumber :
  • MRT Jakarta

VIVAnews - Indonesia, khususnya Jakarta, hingga kini masih berwacana mengenai rencana pembangunan moda transportasi massal bawah tanah (subway) maupun monorel.

Padahal, warga di sejumlah negara yang kini bergelut dengan kenaikan harga bahan bakar, lambat laun mulai beralih menjadi pengguna angkutan umum, khususnya moda transportasi massal. Sejumlah warga kota besar di berbagai dunia kini rela meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah dan beralih menggunakan angkutan umum.

Melihat pergeseran kebiasaan masyarakat tersebut, sebanyak 10 sistem transportasi publik berikut ini layak menyandang predikat terbaik di dunia. Daftar ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang ingin bepergian ke kantor menggunakan moda transportasi massal.

Pembalap Indonesia Qarrar Firhand Berhasil Finis Kelima di Trofeo Andrea Margutti

Seperti dilansir businessinsider.com, Kamis, 30 Juni 2011, peringkat ini dibuat berdasarkan kombinasi penilaian berbagai faktor seperti keandalan, keamanan, keselamatan, kebersihan, dan jangkauan rute perjalanan. Urutan 10-6 bisa di lihat di sini.


6. Seoul Metropolitan Subway, Korea Selatan

Mobil Listrik Neta V akan Pakai Baterai LFP Buatan Lokal

Seoul Metropolitan Subway

Sistem moda transportasi massal Seoul ini merupakan salah satu yang terberat karena harus mengelola sebanyak 7 juta komuter setiap hari. Sistem ini juga menjangkau jarak 287 kilometer yang terintegrasi dengan sistem transportasi bus Seoul.

Fasilitas lain yang diterima penumpang adalah sistem transportasi publik yang benar-benar mudah digunakan (user friendly). Di setiap kereta, pengelola menyediakan layar lebar yang akan memberitahukan penumpang stasiun pemberhentian berikutnya. Pengumuman ini diberitahukan dalam bahasa Korea dan Inggris.

Sistem transportasi massal Seoul juga menyediakan fasilitas internet Wi-Fi di sepanjang jalur bawah tanah maupun setiap stasiun. Bahkan, pengelola menyediakan robot yang akan membantu penumpang dalam mencari informasi.

Fasilitas robot ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Korea Selatan menyediakan robot di setiap rumah tangga mulai 2015-2020. Saat ini, Korea Selatan tengah mencoba menerapkan teknologi robot tersebut pada sistem angkutan bawah tanah mereka.

4. The Tube, London, Inggris

Gen Z, Siap Hadapi Dunia Kerja? Ini Tips Kelola Keuangan Agar Tak Terlilit Utang

The Tube di London, Inggris

Moda transportasi bawah tanah London ini biasa disebut The Tube dan merupakan yang tertua di dunia. Selain itu, The Tube melayani rute perjalanan sepanjang 400 kilometer. Transportasi ini mencatat rekor sebagai transportasi paling banyak digunakan dengan penumpang sebanyak 1 miliar orang pada 2007.

Rute angkutan ini menghubungkan rangkaian rel lain seperti Docklands Light Railway, di mana penumpang bisa menikmati panorama alam sepanjang sungai Thames. Kereta juga menawarkan layar lebar yang akan menunjukkan jadwal kereta berikutnya, serta tempat duduk yang nyaman.

Kendati pernah menerima laporan keterlambatan pemberangkatan kereta pada 2006, pengelola saat ini terus berupaya untuk meningkatkan keandalannya. Moda transportasi ini juga pernah mengalami musibah pemboman pada 2006.

Namun, kini tingkat pengamanan ditingkatkan dengan dipasangnya sejumlah kamera CCTV dan kehadiran polisi di beberapa lokasi.

Dalam sebuah survei yang dibuat TripAdvisory, penjelajah menilai sistem transportasi The Tube merupakan yang terbaik di dunia. Angkutan ini juga relatif aman untuk ukuran angkutan bawah tanah dengan rata-rata kecelakaan 1 berbanding 300 juta.

3. Taipei MRT, Taiwan

Taipei MRT

Sistem transportasi bawah tanah di Taiwan ini merupakan yang paling mahal di dunia. Namun, mempertimbangkan bahwa Taipei MRT pernah menjadi peringkat pertama selama tiga tahun berturut-turut untuk masalah keselamatan, keandalan, dan kualitas, biaya yang dikeluarkan begitu kecil.

Taipei MRT kini menawarkan layar lebar bagi penumpang untuk melihat waktu perjalanan menggunakan bahasa Mandarin, Taiwanese, Hakka, dan Inggris. Seluruh stasiun menggunakan pendingin ruangan, dengan jadwal keberangkatan kereta yang selalu tepat waktu.

Pengelola juga menerapkan kebijakan ketat perihal kebersihan dengan melarang penumpang makan, merokok, ataupun mengunyah permet karet selama di kereta atau stasiun.

Hasilnya, penumpang memberikan nilai 95,5 persen untuk kerapian angkutan Taipei MRT ini. Sebagai tambahan, sistem transit Taipei MRT juga menyediakan gondola yang menghubungkan kebun binatang Taipei dan Maokong. Sejak jumlah penumpang kereta ini mencapai rata-rata 1,1 juta, rasanya fasilitas tersebut merupakan ide yang cemerlang.

2. The Moscow Metro, Rusia

The Moscow Metro

Moskow memiliki salah satu rangkaian kereta listrik tertua di dunia dan sistem paling berat kedua di dunia dengan mengangkut lebih dari 7,5 juta orang per hari. Jaringan rute angkutan ini mencapai 293 kilometer dan menawarkan kebersihan stasiun yang terjaga. Penumpang juga dapat menikmati pemandangan yang penuh dengan hiasan, arsitek Baroque yang bakal menghibur penumpang di sepanjang perjalanan.

Banyak kalangan menilai moda transportasi bawah tanah Moskow ini merupakan salah satu sistem andal di dunia, dengan memberangkatkan sebanyak 40 kereta per jam. Dengan jumlah tersebut, penumpang bisa menunggu jadwal kereta selanjutnya, jika ingin menikmati pemandangan arsitektur lebih lama.

Moscow Metro juga tercatat sebagai stasiun yang paling sedikit mengalami kecelakaan dan sistem transportasi publik ini muncul sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

1. Tokyo Metropolitan, Jepang

Tokyo Metropolitan

Moda transportasi bawah tanah Jepang ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan di dunia, dengan rata-rata penumpang sebanyak 6 juta orang per hari. Seluruh jaringan transportasi Tokyo juga melayani rute sepanjang 27.270 kilometer dari monorel hingga kereta bawah tanah terpanjang.

Budaya Jepang yang sangat menjunjung tinggi kebersihan tampak dalam pengelolaan moda transportasi ini. Fasilitas lain yang ditawarkan adalah kursi yang bisa dihangatkan, serta sistem pesan komputerisasi yang akan memberitahukan posisi penumpang dan kota tujuan berikutnya. Sistem ini tersedia dalam bahasa Jepang dan Inggris.

Reputasi kereta Jepang sangat diakui dalam hal ketepatan waktu. Kecelakaan akibat kejahatan maupun aksi vandalisme juga sangat jarang. Sistem di stasiunĀ  akan menunjukkan posisi penumpang bagian depan dari pintu kereta bawah tanah.

Namun, jika Anda bepergian pada saat jam sibuk, bersiap-siaplah untuk saling berdesakan dengan penumpang lainnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya