Dua Menteri Diinstruksikan Cari Solusi Garuda

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Asosiasi Pilot Garuda mengancam mogok massal terkait buntunya perundingan dengan manajemen Garuda. Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Radjasa mengatakan menteri Badan Usaha Milik negara (BUMN) dan Menteri Perhubungan harus mencari solusi mengatasi hal tersebut.

"Jika sampai sampai lebaran, masyarakat akan menderita," kata Hatta, di Kantor Presiden, Rabu, 27 Juli 2011.

Hatta meyakini, ada jalan tengah yang ditempuh untuk mengatasi konflik internal Garuda tersebut. "Selalu ada jalan, kalau bicara untuk kepentingan lebih besar pasti ada solusi," ucapnya.

Selain itu, Hatta mengatakan pihaknya akan berbicara dengan pihak manajemen Garuda dan ketua Asosiasi Pilot Garuda. Sebab, kedua pihak tersebut yang menentukan jalan tengah itu.

"Nanti saya akan coba bicara dengan manajemen garuda. Saya kenal dengan mereka semua. Selama kita bisa berkomunikasi dengan baik, kawan pilot pasti bisa memahami," ujar Hatta.

Asosiasi Pilot Garuda menuduh kebijakan penambahan jumlah pesawat tak diimbangi dengan penambahan jumlah pilot yang memadai. Sehingga manajemen merekrut pilot asing.

Penambahan jumlah pesawat juga dituding menyebabkan jadwal pilot abnormal, karena penerbangan mereka menjadi sangat padat. Kondisi tersebut dinilai APG dapat membahayakan keselamatan penerbangan karena kondisi pilot menjadi lebih mudah lelah.

Manajemen Garuda juga dituding bersikap diskriminatif terkait sistem remunerasi antara pilot asing dengan pilot domestik Garuda. Diskriminasi itu dinilai menyebabkan ketimpangan antara pilot asing dan domestik. (umi)

Hebat! Pasangan Dokter Ini Lagi-lagi Dibanjiri Rekor MURI
Polisi

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil

pengalaman yang berbeda dialami oleh sekelompok polisi. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @lambe_turah, beberapa petugas polisi yang mengenakan seragam lengka

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024