Mentan: Ekspor Beras Untungkan Petani

Beras
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kementerian Pertanian menilai rencana ekspor beras premium dari Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan sebanyak 50 ribu ton ke Korea Selatan menguntungkan petani Indonesia.

"Tentu saja, beras premium kan bagus ya, karena harganya sangat tinggi. Apalagi mau di ekspor ke Korea Selatan. Dengan harga yang tinggi, tentu saja petani akan mendapatkan keuntungan lebih banyak," kata Menteri Pertanian Suswono, usai rapat koordinator ASEAN Fair di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin 8 Agustus 2011.

Pemerintah, lanjut Suswono, memperbolehkan ekspor beras premium dari Pemda Sulsel sepanjang stok beras aman dan tidak mengganggu kebutuhan dalam negeri.

"Permintaannya 200 ribu ton. Tapi, kita sudah setujui dalam rapat Menteri Koordinator bidang Perekonomian hanya 50 ribu ton. Kalau memang mereka betul-betul ekspor, ya silakan," ungkap Mentan.

Sebelumnya, Suswono menjelaskan, jenis dari beras yang akan diekspor tersebut ialah aromatik lokal dengan kualitas terbaik. Dengan kenyataan ini, Indonesia berpotensi tidak hanya menyuplai untuk dalam negeri, namun juga luar negeri.

Selain itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa juga mengungkapkan, Pemda Sulsel mengajukan permohonan untuk ekspor beras premium ke Korea Selatan karena ada permintaan beras dari Negeri Gingseng itu sebanyak 200 ribu ton.

Namun, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Deddy Saleh, beberapa waktu lalu mengatakan, hal itu belum dapat terealisasi karena masih terkendala aturan di Kementerian Perdagangan karena pihak Kemendag baru melakukan rapat pertama terkait hal itu. "Belum ada, rekomendasi saja belum ada, belum," ungkapnya pekan lalu.

Menurut Deddy, perusahaan yang bisa mengekspor beras adalah perusahaan eksportir umum yang memang berkeinginan melakukan kegiatan ekspor beras premium. "Eksportir terdaftar ya perusahaannya," tuturnya. (art)

Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta
Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian (Doc: AP Photo)

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Hossein Amir-Abdollahian bertemu dengan Menlu Yordania, Ayman Safadi, pada Kamis, 18 April 2024, di New York.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024