Geser GM Sebagai Produsen Terbesar

Toyota Kini Jadi Nomor Satu

VIVAnews - Perusahaan otomotif Jepang, Toyota, menggeser perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors (GM), sebagai produsen mobil terbesar di dunia. Tahun lalu, Toyota menjual truk dan mobil di pasaran dunia lebih banyak daripada perusahaan otomotif lain.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Kendati demikian, bukan berarti Toyota dapat merayakan keberhasilannya mengalahkan GM yang telah menjadi perusahaan otomotif nomor satu di dunia selama 77 tahun itu. Pasalnya, penjualan produk Toyota tetap saja anjlok untuk kali pertama dalam sepuluh tahun terakhir.

GM kemarin mengatakan bahwa perusahaan di Detroit, AS, itu menjual 8.355.947 unit mobil dan truk di seluruh dunia, tahun lalu. Jumlah tersebut selisih 616.000 unit kendaraan dari yang diumumkan Toyota pada Selasa lalu, yaitu sebanyak 8,972 juta unit. GM mengaku bahwa penurunan penjualan disebabkan karena kondisi lemah ekonomi di AS dan Eropa yang menyebabkan permintaan kendaraan menurun. Sedangkan Toyota tidak memiliki terlalu mengalaminya.

Mike DiGiovanni, direktur eksekutif GM untuk penjualan pasar global, mengatakan, "Saya tidak berpikir kalau menjadi nomor satu dalam penjualan kendaraan membawa arti penting bagi konsumen Amerika. Yang paling penting bagi konsumen adalah merk terkenal dan produk berkualitas. Dan perusahaan sedang fokus pada kelangsungan hidup perusahaan dan meraih keuntungan," kata DiGiovanni. 

Penjualan global keseluruhan Toyota dalam tahun 2008 jatuh sebanyak 4 persen, penurunan pertama perusahaan yang berpusat di kota Toyota, perfektur Aichi, Jepang, itu dalam dalam satu dekade. Toyota telah memangkas produksi kendaraan di Amerika Utara dan Jepang untuk menyesuaikan dengan permintaan konsumen yang melemah.

Sedangkan GM melaporkan penurunan penjualan global sebesar 11 persen, termasuk penurunan 21 persen di Amerika Utara. Penjualan GM di Eropa jatuh 6,5 persen, termasuk penurunan 21 persen dalam kuartal keempat seiring dengan melemahnya kondisi ekonomi global. (AP)

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024