Mudik, 5.911 Bus Disiapkan untuk Warga Bekasi

Terminal Kampung Rambutan Sepi Pemudik
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Dinas Perhubungan (Dishub) Bekasi menyiapkan 5.911 bus
untuk mengangkut penumpang pada mudik Lebaran tahun ini. Bus akan diberangkatkan dari Terminal Bekasi.

Identitas 7 Korban Tewas Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel

Bus yang diperkirakan dapat menampung hingga 100.264 penumpang itu dipersiapkan guna mengantisipasi jumlah pemudik yang diprediksi mengalami kenaikan sebesar tiga persen dibanding tahun lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Supandi Budiman mengungkapkan, pada 2010 lalu jumlah bus yang disiapkan sebanyak 5.739 armada. Bus angkutan lebaran itu mampu membawa pemudik sebanyak  97.344 penumpang.

"Kalau tahun 2010 lalu, turun 9,8 persen dibanding tahun 2009, sedangkan tahun ini mengalami kenaikan 3 persen," katanya di Bekasi Kamis 11 Agustus 2011.

Selain itu, juga akan diterjunkan sebanyak 450 personel untuk memantau arus mudik. Personel akan melakukan tugasnya 24 jam penuh dengan sistem shift.

Untuk pemudik yang menggunakan bus Lebaran, akan dipusatkan di Terminal Bekasi. Sedang pemudik yang menggunakan sepeda motor akan terus dipantau. Pihaknya juga akan memasang rambu tambahan untuk pemudik sepeda motor.

Supandi mengatakan puncak arus mudik di wilayah Kota Bekasi diprediksi terjadi pada H-4 dan H-3 atau tanggal 26 dan 27 Agustus 2011. Sedangkan tahun lalu, puncak arus mudik terjadi pada H-2 dan H-3 Lebaran.

"Agar pemudik nyaman dan selamat sampai tujuan masing-masing, mulai
H-7 Dishub Kota Bekasi, akan melakukan test uji kelayakan bus angkutan
lebaran. Bila ditemukan ada bus tidak laik jalan, bus tersebut dilarang untuk melayani penumpang pada arus mudik," pungkasnya. Laporan : Erik Hamzah | Bekasi

Smartfren.

Smartfren Bakal Lakukan Rights Issue Senilai Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dikabarkan bakal melakukan penambahan modal dengan skema rights issue dengan total nilai mencapai Rp 8,5 triliun.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024