BI Beli SBN Pakai Dolar, Apa Kata Menkeu

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pemerintah menyambut baik rencana Bank Indonesia untuk membeli Surat Berharga Negara (SBN) menggunakan dolar AS bila terindikasi terjadinya krisis.

Makin Memikat! Kim Soo Hyun Bakal Isi Soundtrack Queen of Tears

Menurut Menteri Keuangan Agus Martowardojo, upaya tersebut merupakan bentuk kesiapan Indonesia dalam pengelolaan sistem keuangan.

"Dalam mengelola sistem keuangan, kita kan bicara SBN, perlu ada stabilisasi, ada BSF (Bond Stabilization Fund). Dan, BSF itu ada bagian-bagian yang berperan," kata Agus Martowardojo, saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis 11 Agustus 2011.

Rencana pembelian SBN menggunakan dolar AS oleh Bank Indonesia itu, dia melanjutkan, merupakan kebijakan terkait instrumen moneter. Mekanisme ini, termasuk dalam aktivitas keseharian, bermanfaat bagi stabilisasi Surat Utang Negara (SUN) dan menstabilkan keuangan Indonesia.

"Itu bukan hanya untuk stabilisasi krisis, tetapi sudah merupakan suatu instrumen yang dapat digunakan sebagai instrumen moneter. Jadi, kalau kita bilang hanya untuk krisis, justru BI tidak nyaman," tutur Agus.

Terkait kondisi pasar SUN saat ini, Agus menyatakan, masyarakat tidak perlu khawatir. Perubahan atau koreksi hanya terjadi pada ekuitas dan valuasinya, namun pasar SUN dan SBN tetap stabil.

"Yang saya ingin sampaikan, kita punya framework. Kita punya crisis management protocol dan support untuk itu," tuturnya. (art)

Bharada E alias Richard Eliezer Pindah Agama Katolik

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Bharada Richard Eliezer, yang lebih dikenal dengan nama Bharada E, kembali menciptakan sensasi dengan pengumuman terbarunya berpindah agama menjadi Katolik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024