Kurangi Subsidi, Pembatasan BBM Jadi Solusi

SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah akan mengurangi volume subsidi bahan bakar minyak (BBM) pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2012 menjadi 40 juta kiloliter dari sebelumnya 40,4 juta kiloliter pada 2011. Pemerintah menggunakan strategi lama yaitu pengendalian penyaluran BBM, yang tahun ini tak kunjung dilaksanakan.

"Anggaran subsidi BBM sebesar Rp123,6 triliun, sedangkan untuk total subsidi energi Rp168,6 triliun," ujar Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, saat jumpa pers di kantor Pusat Pajak, Jakarta, Senin 16 Agustus 2011.

Penurunan volume BBM bersubsidi ini, dia melanjutkan, akan dicapai dengan strategi pengendalian melalui program penyaluran secara tertutup dan bertahap. "Sehingga volume konsumsi BBM kita harapkan pada 2012 mencapai 40 juta kiloliter," ucapnya.

Di tempat yang sama, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Darwin Zahedy Saleh, menerangkan program penyaluran bertahap dan tertutup ini memperjelas pemberian subsidi BBM bersubsidi. Seperti diketahui, BBM bersubsidi hanya diperuntukkan bagi golongan yang tidak mampu.

"Sistem distribusi tertutup adalah suatu sistem yang semakin menarik garis antara mereka yang sudah nyata-nyata dikecualikan untuk memperoleh subsidi BBM dengan mereka yang digolongkan tidak mampu," jelasnya.

Selain program sistem distribusi tertutup, Darwin berencana menggenjot pihak pemerintah daerah untuk aktif dalam mengawasi sistem distribusi BBM bersubsidi.

"Minggu ini Kementerian ESDM akan segera menandatangani MoU dengan Kemendagri sebagai langkah awal. Disusul secara konkret nantinya dengan memberdayakan peran Pemda ikut mengawasi distribusi BBM," tuturnya.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menambahkan, untuk menekan angka anggaran subsidi BBM, pemerintah juga akan mendiversifikasi energi seperti contohnya penggunaan gas sebagai bahan bakar.

"Itu (diversifikasi energi) kita planning dengan baik untuk ditingkatkan pada 2011," tuturnya. (art)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024