PLN: Lebaran, Pasokan Listrik Aman

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews - Menjelang lebaran, PT Perusahaan Listrik Negara telah menyiapkan ketersediaan pasokan daya yang cukup dengan kualitas keandalan yang terjaga. Upaya itu untuk menjaga pasokan listrik selama dan setelah Idul Fitri tetap berlangsung dengan aman.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto, mengatakan, permintaan listrik pada saat libur lebaran turun cukup signifikan dibandingkan hari-hari biasa. Hal ini karena industri dan pelaku bisnis banyak yang libur.

Untuk daerah perkotaan seperti Jakarta, penurunan beban paling besar, karena ditinggal sebagian warganya yang mudik ke kampung halaman.

"Prakiraan beban puncak (malam hari) pada hari lebaran di sistem kelistrikan Jawa-Bali sekitar 12.200 megawatt (MW), sedangkan daya mampu pasokan mencapai sekitar 19.700 MW," kata Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, di Jakarta, Rabu 24 Agustus 2011.

Dengan kondisi cadangan daya yang mencapai lebih dari 7.000 MW, pasokan listrik ke Jawa-Bali sangat aman.  Sementara itu, kondisi pasokan listrik di luar Jawa-Bali secara umum juga relatif aman.

Selain itu, untuk menjamin keandalan pasokan listrik, Bambang melanjutkan, sejak 15 Agustus hingga 9 September 2011, PLN telah menyiagakan piket khusus lebaran di seluruh gardu induk.  Unit-unit pelayanan PLN juga telah diperkuat dengan piket khusus yang siaga selama 24 jam.

Terkait dengan tradisi mudik lebaran, PLN mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian pada kondisi kelistrikan di masing-masing tempat tinggalnya, sebelum meninggalkan rumah untuk mudik. 

KPK Usut Kasus Pengadaan Barang dan Jasa di PT PLN, Negara Rugi Miliaran Rupiah

PLN meminta masyarakat memastikan dengan lebih teliti, bahwa seluruh peralatan listrik dan elektronik sudah benar-benar dalam kondisi aman, guna menghindari kemungkinan terjadinya arus pendek (korsleting) atau hal-hal lain yang tidak diinginkan selama rumah dalam kondisi kosong. 

"Selama libur lebaran, pelayanan pembayaran tagihan listrik juga tetap berlangsung selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu. Hal ini karena pembayaran tagihan listrik di seluruh Indonesia saat ini sudah berjalan secara online," jelasnya. (art)

Gedung Putih mengibarkan bendera setengah tiang imbas penembakan di Texas, AS

Amerika Serikat Kecam Pemilu Rusia, Pernyataan Seram Ini Keluar dari Gedung Putih

Gedung Putih menyebut kemenangan mutlak yang dicapai oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pemilihan presiden negara tersebut yang baru saja berlangsung sebagai ini

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024