Ini Penyerap Tenaga Kerja Terbanyak di Dunia

Pabrik sepeda motor Honda.
Sumber :
  • AHM

VIVAnews - Satu masalah yang saat ini memusingkan pemimpin negara, khususnya pemerintah Amerika Serikat, dan berdampak pada ekonomi global adalah persoalan pengangguran yang belum kunjung usai.

Dengan perekonomian sektor swasta yang semakin melambat ditambah belanja pemerintah yang terus mengecil, krisis penciptaan lapangan kerja biasanya akan menjadi masalah.

Dari catatan theeconomist yang dikutip VIVAnews.com, ternyata selama 2010, sektor pemerintahan menjadi penyerap tenaga kerja terbanyak. Jumlah tenaga kerja mereka mengalahkan sektor swasta yang umumnya memberikan penghasilan lebih besar.

The Economist mencatat, 7 dari 10 penyerap kerja terbesar di dunia adalah pegawai pemerintahan. Sementara itu, setengah dari penyerap tenaga kerja ini berada di China.

Berikut ini 10 perusahaan dan departemen yang menyerap tenaga kerja terbanyak sepanjang 2010.

10. Hon Hai Precision Industry (Taipei, China)

Perusahaan ini tercatat sebagai pemegang kontrak elektronik terbesar. Perusahaan perakit piranti elektronik produk Apple, seperti iPhone dan iPad ini tercatat memiliki pegawai sebanyak 800 ribu orang. Mitra lain yang ditangani oleh Hon Hai adalah Nokia dan Sony.

9. China Post Group (China)

Berdiri pada 2006, perusahaan yang bergerak di bidang pos ini mengawali modal sebesar US$10 miliar. Perusahaan yang memiliki anak usaha antara lain China Postal Air Freight Corporation dan China Postal Saving Bank ini diperkirakan memiliki pegawai sebanyak 900 ribu orang.

8. Indian Railways (India)


Sebagai perusahaan yang sepenuhnya dikuasai swasta, Indian Railways menguasai hampir seluruh transportasi kereta api. Saat ini, India tercatat memiliki jaringan rel kereta api di bawah satu manajemen terbesar di dunia dengan jumlah penumpang sebanyak 30 juta per hari.

Perusahaan yang mulai menggabungkan 42 perusahaan sejenis pada 1951 ini mempekerjakan sekitar 1,4 juta orang.

7. National Health Service (Inggris)

Satu dari 23 pekerja di Inggris dipekerjakan oleh National Health Service. Dari total pegawai sebanyak 1,4 juta orang, sebesar 84 persen bekerja di bidang perawatan pasien dan hanya 3 persen yang berposisi sebagai manajer.

NHS merupakan perusahaan pembayar sistem kesehatan tunggal tertua di dunia.

6. State Grid Corporation of China (China)

The State Griod Corp merupakan perusahaan transmisi dan distribusi listrik terbesar di dunia. Perusahaan yang tercatat sebagai 8 perusahaan terbesar versi majalah Fortune Global 500 tahun 2010 ini mempekerjakan sebanyak 1,6 juta orang. Pendapatan perusahaan listrik negara di China ini mencapai US$184,94 miliar pada 2009.

5. China National Petroleum Corporation (China)

CNPC dikenal sebagai perusahaan minyak dan gas terintegrasi terbesar di China. Perusahaan ini memiliki sejumlah proyek di Irak, Iran, Suriah, dan Uzbekistan. Tak heran jika perusahaan terbesar China ini mempekerjakan sebanyak 1,7 juta orang.

4. McDonalds (AS)


Perusahaan waralaba makanan cepat saji terluas ini tercatat sebagai penyerap tenaga kerja terbanyak keempat di dunia. McDonalds mempekerjakan sebanyak 1,7 juta orang untuk melayani sedikitnya 64 juta pelanggan setiap hari di seluruh dunia.

Total pekerja McDonalds ini sudah memperhitungkan pekerja yang dimiliki oleh perusahaan pengguna waralaba.

3. Wallmart (AS)

Satu lagi perusahaan AS yang memiliki jumlah pekerja terbanyak di dunia. Perusahaan yang semula bernama Walton's Five and Dime ini terus berkembang dan menjadi perusahaan pengguna tenaga kerja terbanyak di dunia.

Wallmart yang memiliki jaringan toko sebanyak 8.500 unit di 15 negara berbeda ini mempekerjakan sebanyak 2,1 juta orang.

2. Angkatan Bersenjata China


Angkatan bersenjata pemerintahan China ini dikenal juga sebagai People Liberation Army. Dengan jumlah pegawai sebanyak 2,3 juta orang, menempatkan angkatan bersenjata China sebagai pengguna personel militer aktif terbanyak di dunia.

Jumlah pegawai di China ini juga menempatkan angkatan bersenjata China sebagai penyerap tenaga kerja terbesar kedua di dunia.

1. Departemen Pertahanan AS

Walau sulit menciptakan lapangan kerja di tengah hantaman krisis, Departemen Pertahanan AS ternyata memiliki jumlah tenaga kerja sebanyak 3,2 juta orang. Jumlah pegawai ini menempatkan mereka pada posisi nomor satu sebagai lembaga penyerap tenaga kerja terbesar di jagat bumi.

Jumlah tenaga kerja Departemen Pertahanan ini termasuk angkatan bersenjata, National Guard, pasukan cadangan dan dukungan sipil. (art)

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura
Hard Gumay

Ramal Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Hard Gumay: Pokoknya Selesai

Terhadap perkembangan kasus korupsi tersebut, Hard Gumay memprediksi bahwa kisah Sandra Dewi dan Harvey Moeis akan selesai. Meskipun dia tidak menjelaskan secara rinci.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024