Hatta: Cari Solusi Atasi Mogok Freeport

Mogok massal karyawan PT Freeport
Sumber :
  • Istimewa

VIVAnews - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa berharap mogok kerja karyawan PT Freeport segera menemukan solusi.

"Saya harap mereka menemukan solusi karena kalau terjadi pemogokan tanpa ada solusi itu terganggu semua. Pekerja kita terganggu tidak bisa bekerja, Freeport tidak bisa produksi dan nanti penerimaan negara akan turun," kata  Hatta di sela Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR-RI di Jakarta, Kamis 15 September 2011.

Menurut Hatta, yang terpenting adalah masyarakat Indonesia harus menunjukkan iklim usaha di Indonesia yang baik. Hatta akan meminta direktur utama PT Freeport untuk mencari solusi dan bisa menyelesaikan secara bipartit antara serikat pekerja dan manajemen PT Freeport.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Jika terjadi kebuntuan, akan ada kemungkinan pertemuan tripartit antara serikat pekerja, manajemen, dan pemerintah yang difasilitasi oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Kalau ada kebuntuan masih ada forum lain sampai ke Menteri Tenaga Kerja, harus turun tangan. Tapi, yang terbaik itu selesaikan dalam internal sebaik-baiknya," jelasnya.

Sebelumnya, ribuan karyawan PT Freeport mogok kerja dengan meninggalkan areal tambang di Tembagapura Papua, hari ini, Kamis 15 September 2011. Mereka serempak turun menuju Timika. Akibatnya, aktivitas pertambangan lumpuh.

Aksi mogok kerja dengan meninggalkan areal tambang berlangsung sejak pagi. Mereka turun dari Tembagapura menuju Timika tepatnya ke Check Point 32 sekitar Kuala Kencana (areal manajemen Freeport) dengan menggunakan bus. (art)

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024