Mogok Kerja Rugikan Freeport Rp59 Miliar/Hari

Mogok massal karyawan PT Freeport
Sumber :
  • Istimewa

VIVAnews - Pemogokan massal ribuan karyawan PT Freeport Indonesia dalam dua hari terakhir mengakibatkan penurunan produksi 230.000 ton biji emas dan tembaga per hari. Akibatnya, penerimaan negara yang berasal dari pendapatan Freeport berkurang sebesar US$6,7 juta per hari (Rp59 miliar).

"Hingga kini dalam per hari akibat pemogokkan karyawan, penerimaan negara menjadi berkurang US$6,7 juta per harinya" kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Darwin Zahedy Saleh, di Kementerian ESDM, 16 September 2011.

Darmin berharap masalah itu dapat diselesaikan dengan mengedepankan dialog. Pihaknya juga berusaha menajga iklim investasi agar lebih kondusif. Masalah tenaga kerja bisa diselesaikan dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, atau bisa dibicarkan dengan bipartit dan tripartit.

Seperti diketahui ribuan karyawan Freport mogok kerja dengan meninggalkan area tambang di Tembagapura Papua, Kamis, 15 September 2011. Mereka serempak turun menuju Timika. Akibatnya, aktivitas pertambangan lumpuh. Mereka turun dari Tembagapura menuju Timika tepatnya ke Check Point 32 sekitar Kuala Kencana (areal manajemen Freeport) dengan menggunakan bus.

Aksi mogok ini digelar karena manajemen PT Freeport tidak pernah mengindahkan permintaan karyawan yang meminta kenaikan upah. Karyawan juga menuntut perusahaan mengubah sistem tabungan rencana hari tua.

Manajemen PT Freeport Indonesia sangat kecewa dengan aksi mogok kerja itu dan menganggap mogok kerja itu tidak sah, karena mereka selalu membuka ruang perundingan.

Menurut juru bicara Freeport Ramdani Sirait, ketika perundingan dimulai 20 Juli lalu, manajemen selalu berupaya melakukan perundingan dengan itikad baik, demi tercapainya suatu kesepakatan yang adil dan wajar, sesuai perjanjian kerja sama untuk periode 2011-2013. Baca keterangan manajemen di sini.

PDIP Blacklist Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara
Gelaran Jakarta Lebaran Fair 2024

Diskon Besar Produk Kecantikan di Jakarta Lebaran Fair

The Body Shop misalnya. Terletak di Hall B2, The Body Shop menawarkan beragam produknya dengan diskon besar, mulai dari 20-50 persen.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024