Tangani Freeport, Darwin Terbang ke Papua

Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh.
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  Darwin Zahedy Saleh menyatakan hari ini akan berangkat ke Papua untuk menyelesaikan permasalahan pemogokkan massal karyawan PT Freeport Indonesia.

"Saya bersama Dirjen Minerba akan berangkat ke sana," kata Darwin saat konferensi pers di Kementerian Energi, Jakarta, Jumat, 16 September 2011.

Darwin mengatakan, Kementerian akan melakukan langkah-langkah penyelesaian agar pemogokan massal tidak terjadi lagi, sehingga tidak mengganggu produksi tambang emas dan tembaga itu.

"Staf Ahli Menteri serta Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara telah kami utus ke sana untuk menjaga peralatan produksi dan fasilitas lainnya, serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar bisa menyelesaikan sebaik-baiknya" kata Darwin.

Darwin mengatakan, untuk mendorong tercapainya pemahaman bersama antara karyawan dan pihak manajemen PT Freeport Indonesia akan mengedepankan kepentingan nasional.

"Kita semua perlu ingat dan saling mengingatkan, iklim usaha mengedepankan kepentingan nasional dengan mengacu Undang-undang Minerba, UU Investasi, dan UU Ketenagakerja dapat mendorong tercapainya komunikasi dan pemahaman bersama" kata Darwin.

Darwin optimis bahwa Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mampu mengatasi permasalahan tenaga kerja di Freeport. "Kami berharap masalah pemogokan ini dapat diselesaikan secara bipartit dan memantau dari waktu ke waktu," katanya.

Meskipun demikian, Darwin tetap akan mengedepankan kepentingan nasional untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Freeport. "Kepentingan nasional merupakan prioritas bersama," kata Darwin.

Sebelumnya, ribuan karyawan PT Freeport mogok kerja dengan meninggalkan areal tambang di Tembagapura, Papua, hari ini, Kamis 15 September 2011. Mereka serempak turun menuju Timika. Akibatnya, aktivitas pertambangan lumpuh.

Aksi mogok kerja dengan meninggalkan areal tambang berlangsung sejak pagi. Mereka turun dari Tembagapura menuju Timika tepatnya ke Check Point 32, sekitar Kuala Kencana, areal manajemen Freeport, dengan menggunakan bus. (eh)

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi
VIVA Otomotif: Motor listrik hasil konversi

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi memberikan konversi motor listrik secara cuma-cuma atau gratis untuk masyarakat. Bagaimana cara ikut programnya?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024