Proyek Melimpah, Capex Bukit Asam Naik 100%

Aktivitas tambang batu bara
Sumber :
  • REUTERS/David Stanway

VIVAnews - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengalokasikan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) 2012 dua kali lipat lebih besar dari realisasi tahun ini yang diperkirakan hanya mencapai Rp1 triliun. Banyaknya proyek yang bakal digarap, kemungkinan membuat perusahaan memerlukan anggaran yang lebih besar.

Tahun ini, PTBA sebetulnya menganggarkan belanja modal sebesar Rp1,4 triliun. Namun, mundurnya sejumlah proyek serta rencana akuisisi perusahaan, membuat capex perusahaan kemungkinan hanya akan terealisasi sebesar Rp1 triliun.

"Untuk 2012, pasti sudah lebih besar karena 30 persen sudah masuk. Pasti akan lebih besar. Mungkin 100 persen (kenaikannya)," kata Direktur Utama Bukit Asam Sukrisno dalam acara Investor Summit and Capital Market Expo 2011 di Jakarta, Rabu, 5 Oktober 2011.

Sukrisno mengungkapkan, sejumlah proyek yang kemungkinan bakal ditangani Bukit Asam di antaranya pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Sumatera Selatan berkapasitas 2x300 megawatt (MW), PLTU Sumsel 8, serta PLTU Riau.

Untuk kebutuhan tiga proyek tersebut, perseroan memperkirakan kebutuhan investasi bakal mencapai Rp2,4 triliun yang berasal dari ekuitas.

Perusahaan tambang milik negara itu menargetkan produksi batu bara pada 2012 bisa menembus angka 17 juta ton. Hal itu tidak terlepas dari peningkatan produksi dari beroperasinya kereta api yang mampu mengangkut batu bara sebanyak 14,6 juta ton.

Sukrisno memastikan, perusahaan hingga akhir tahun tidak akan menggelar aksi korporasi berupa akuisisi perusahaan lain. Hal itu tidak terlepas karena tidak adanya dana capex yang mencukupi.

Hingga akhir tahun ini, Bukit Asam optimistis mampu meraup pendapatan hingga Rp11 triliun. Hingga September 2011, perusahaan mencatat penjualan sebanyak 10 juta ton dengan pendapatan Rp8 triliun. (art)

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
Han So Hee.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Han So Hee lagi-lagi menjadi sorotan pengguna media sosial. Kali ini, Han So Hee disebut menyerang Hyeri melalui unggahannya pada Jumat pagi 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024