Jaringan Rusak, 60 Penerbangan Garuda Delay

Penumpukan Penumpang Garuda
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Gangguan sistem elektronik Garuda Indonesia yang terjadi Senin, 10 Oktober 2011 mengakibatkan 60 penerbangan mengalami keterlambatan (delay). Hari ini sistem ticketing Garuda telah normal kembali.

Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar gangguan yang terjadi kemarin disebabkan adanya kerusakan jaringan dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Pihak Telkom sendiri telah memperbaiki kerusakan pada sistem jaringan tersebut.

Menurutnya, jaringan sistem tiket elektronik pada counter check in itu hanya bisa dibuat oleh PT TelkomĀ  dan Garuda Indonesia tidak bisa pindah ke provider lain ,karena hanya Telkom yang jaringan infrastrukturnya telah siap di Bandara Soekarno-Hatta.

"Tidak bisa (pindah provider), yang bisa masuk ke bandara ini hanya Telkom. Kita sudah punya jaringan yang disediakan Telkom. Kasarnya, kalau kita buat sendiri tidak bisa," ujar Emir saat ditemui di kantornya di Cengkareng, Selasa 11 Oktober 2011.

Gangguan sistem ticketing tak hanya terjadi kemarin, sebelumnya Kamis, 14 Juli 2011 juga terjadi gangguan jaringan sistem check in yang menyebabkan 10 penerbangan ditunda. Untuk mencegah hal ini, Emir meminta jaminan kepada Telkom agar jaringannya tidak lagi ada gangguan.

"Mereka sudah lihat kemarin dan memberikan jaminan," katanya. Jaminan seperti apa? "Ya, nanti kita bicarakan dengan Telkom," tandasnya.

Sebelumnya Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia mengatakan Telkom bekerjasama dengan Garuda melakukan pengecekan silang atas jaringan yang mengalami gangguan. Pasalnya pelanggan Telkom lainnya tidak mengalami gangguan. Kenapa hanya Garuda Indonesia yang mengalami gangguan? "Cek Telkom saja," ujar Emir.

VIVAnews mencoba menkonfirmasi Eddy Kurnia, namun tidak menjawab telepon dan belum membalas pesan singkat yang dilayangkan.

Garuda sebelumnya juga pernah mengalami kekacauan keberangkatan pada Minggu 21 November 2010-Selasa 23 November 2010. Kekacauan itu terjadi karena migrasi sistem interkoneksi. Namun dalam migrasi itu sistem yang sebelumnya tidak terpadu sehingga sejumlah data tidak tertampung. Hal ini menyebabkan kru pesawat yang seharusnya bertugas tidak komplit. Akibat gangguan ini, sejumlah penerbangan terpaksa di tunda dan dibatalkan. (umi)

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024