BEI: Emiten Baru Perkuat Keyakinan Investor

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia menyatakan masuknya emiten baru akan membawa dampak positif terhadap pergerakan indeks harga saham gabungan. Kondisi itu juga diharapkan dapat menambah optimisme para investor.

"Diharapkan, pasar akan terus green dengan penambahan emiten yang ke-17 ini, PT Solusi Tunas Pratama Tbk. Apalagi, bursa saham kembali ramai dalam dua hari terakhir," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Eddy Sugito di Gedung BEI, Jakarta, Selasa 11 Oktober 2011.

Eddy menambahkan, masuknya emiten baru dapat menjadi penyemangat bagi para investor untuk kembali meramaikan pasar modal Indonesia. "Mudah-mudahan dengan masuknya emiten baru seperti Solusi Tunas Pratama, ada penyejukan dan dapat mendatangkan semangat baru," katanya.

Selain itu, dia mengungkapkan, BEI tahun ini memperkirakan delapan perusahaan yang siap melakukan pencatatan saham perdana (listing) di bursa efek. "Ada delapan yang siap, bahkan bisa lebih," tutur Eddy.

Eddy memperkirakan, jika perusahaan-perusahaan tersebut bisa lolos dari persyaratan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, serta tetap bertahan di bursa, kondisi pasar bisa seperti saat ini.

Tiga Emiten
Eddy mengungkapkan, akan ada tiga perusahaan lagi yang berniat mencatatkan saham perdana di bursa. "Ada dari sektor pertambangan, trading dan retail distribution, dengan nilai sekitar Rp1,5 triliun. Jadi, ya kita tunggu dari Bapepam," katanya.

Sementara itu, BEI mengaku tidak mempunyai target untuk nilai kapitalisasi pasar tahun ini. "Namun, kami berharap akan naik dari tahun sebelumnya, karena saya yakin ada optimisme pasar," ujar Eddy.

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Hingga 11 Oktober 2011, jumlah emiten di BEI mencapai 433 perusahaan dengan total nilai kapitalisasi pasar Rp3.127 triliun. (art)

Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution mengaku tidak mau mendaftar atau mengambil formulir di DPD Partai Golkar Sumatera Utara untuk maju Pilgu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024