BISNIS

Wamen ESDM: Jero Tidak Tahu, Saya Kasih Tahu

Wakil Menteri ESDM Widjajono adalah seorang dokter, menterinya sendiri hanya S-1.
Rabu, 19 Oktober 2011
Oleh : Aries Setiawan, Fadila Fikriani Armadita
Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo

VIVAnews - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widjajono Partowidagdo menyatakan akan bekerja bahu-membanu dengan atasannya, Menteri ESDM Jero Wacik.

"Tidak masalah saya sama dia. Yang penting dia orang baik," ujar Widjajono ketika ditemui usai pelantikan menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2011.

Profesor bidang energi dan minyak ini mengaku sudah kenal lama dengan Jero. Keduanya merupakan mahasiswa di Institut Teknologi Bandung.

"Dia teman saya satu angkatan. Background-nya dia insinyur ITB, sarjana ekonomi UI. Saya juga teknik dan ekonomi. Cuma tingkatannya lebih tinggi saja," tuturnya.

Namun, jurusan keduanya ketika kuliah di ITB berbeda. Jero merupakan di teknik mesin, sedangkan Widjajono teknik perminyakan. Kata Widjajono, ketika kuliah bersama, Jero merupakan mahasiswa yang pintar.  

Jero Wacik lulus dari Jurusan Teknik Mesin ITB pada 1974 dan Fakultas Ekonomi UI tahun 1983.

Widjajono meraih gelar sarjana teknik dari Program Studi Teknik Perminyakan ITB pada 1975 dan Master of Science (MSc) di bidang Petroleum Engineering pada tahun 1980. Setelah itu, Widjajano meraih gelar MSc yang lain dalam bidang Operation Research pada 1982 dan MA di bidang ekonomi pada 1986 dari University of Southern California. Gelar PhD diperolehnya dari universitas yang sama pada 1987, setelah merampungkan disertasi berjudul "An Oil and Gas Supply and Economic Model for Indonesia".

Walau tingkat pendidikannya lebih tinggi, Widjajono menyatakan tak masalah bekerja sama dengan Jero Wacik sebagai atasannya. "Dia menulis buku berpikir positif. Kalau kerja dengan orang yang positif, kalau dia gak tahu ya saya kasih tahu," ucapnya.

Jero memang pernah menulis buku tentang perjalanan hidupnya. Judulnya, "Berpikir Positif Modal Hidup Saya". (kd)

TERKAIT
TERPOPULER