Mari Elka: Ekonomi Kreatif Sangat Menantang

Mendag, Mari Elka Pangestu
Sumber :
  • ANTARA/Reuters-Daniel Munoz

VIVAnews- Mari Elka Pangestu yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyambut baik bidang itu diatur khusus dalam satu kementerian. Ia siap memajukan ekonomi kreatif karena memiliki kontribusi lumayan bagi perekonomian.

Mari mengatakan, selama dirinya menjadi Menteri Perdagangan, masalah ekonomi kreatif ini sudah dibuat cetak biru pada 2008. Menurut dia, tugas baru ini sangat menantang.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

"Saya rasa ini sesuatu yang luar biasa. Kita memiliki kementerian untuk mengelola dan mengembangkan ekonomi kreatif. Itu menunjukkan komitmen dari pemerintah dan tentu Presiden untuk memajukan sektor ekonomi kreatif," ujar Mari di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2011.

Menurut dia, ekonomi kreatif memiliki kontribusi 7,6 persen terhadap perekonomian atau sekitar Rp140 triliun. Ekonomi kreatif juga mengontribusi ekspor 10 persen, dan memiliki tenaga kerja 7,7 juta atau 7 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.

Sementara itu, terkait pembagian sektor budaya dan pariwisata, hal itu akan dibahas dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. "Kita akan bahas, di mana bagian budaya dan sebagian akan pindah ke pendidikan," tambahnya.

Untuk mengurus ekonomi kreatif diperlukan organisasi baru, sehingga jelas keberadaannya di kementerian baru. "Saya sekarang belum terbayang. Kemungkinan besar harus ada Dirjen Ekonomi Kreatif," ujarnya.

Terkait posisi barunya itu, Mari mengaku diberitahu pekan lalu. "Diberi tugas baru. Saya bersyukur. Saya melakukan tugas sebaik mungkin," ujarnya. (art)

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi
Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024