Kisaran Harga Saham IPO VIVA Rp280-305

PT VISI MEDIA ASIA MENGGELAR ACARA IPO UPDATE
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - PT Visi Media Asia Tbk (VIVA), perusahaan yang bergerak di industri media massa, memberikan kisaran harga penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) pada level Rp280-305 per saham.

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Sebelumnya dalam rencana IPO yang sempat tertunda, VIVA telah menetapkan harga IPO Rp280 per saham. Saat itu, kisaran harga yang ditawarkan Rp260-285 per saham.

Induk perusahaan VIVAnews.com, tvOne, dan antv itu berharap sudah bisa mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia pada 16 November 2011.

Kata Media Asing usai Timnas Indonesia Tekuk Australia: Impian Shin Tae-yong Bakal Jadi Kenyataan

Chief Executive Officer Visi Media Asia, Erick Tohir, dalam paparan IPO Update di Jakarta, Senin, 24 Oktober 2011 mengatakan masa penawaran umum perdana saham perseroan akan berlangsung pada 8-10 November 2011.

Dalam pelaksanaan IPO itu, perusahaan berencana melepas saham perdana sebanyak 2,286 miliar saham atau sekitar 14,21 persen. Menurut Erick Tohir, penawaran saham ini ditujukan bagi investor nasional, namun tidak tertutup kemungkinan untuk investor asing.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Erick mengungkapkan, kinerja perusahaan yang bergerak di bidang media terus meningkat signifikan. Ia mencontohkan pangsa pasar stasiun televisi antv pada 2008 sebesar 5,5 persen dan meningkat menjadi 7,1 persen pada 2010.

Kondisi yang sama juga terjadi pada stasiun televisi tvOne. "Kami sudah menjadi tv news nomor satu dan akan terus menjadi nomor satu," katanya.

Sementara itu, untuk kinerja media online VIVAnews.com, Erick menyatakan, dalam waktu singkat telah menunjukkan kinerja luar biasa. Berdasarkan riset Alexa dan Effective, VIVAnews.com menjadi portal news nomor satu di Indonesia dan ASEAN berdasarkan jumlah pengunjung.

Dalam pelaksanaan IPO kali ini, Visi Media Asia menunjuk penjamin pelaksana emisi (underwriter) PT Danatama Makmur dan PT Ciptadana Securities.

Terkait IPO tersebut, perusahaan akan membagikan waran sebanyak 571,5 juta waran sebagai insentif bagi calon investor. Waran ini dibagikan dengan rasio 4:1 atau setiap pembeli empat saham akan memperoleh satu waran. Harga pelaksanaan waran Rp300.

Dana hasil penawaran umum perdana saham dan waran tersebut rencananya akan digunakan sebesar 40 persen untuk membayar sebagian utang kepada Credit Suisse AG US$54 juta.

Sementara itu, 40 persen lainnya digunakan untuk belanja modal, pengembangan usaha, dan investasi baru guna mendukung kegiatan usaha perseroan dan anak usaha yaitu tvOne, antv, dan VIVAnews.com.

Sisanya, sebesar 20 persen, untuk modal kerja perseroan dan anak usaha, antara lain biaya operasional perseroan seperti biaya keuangan, biaya gaji karyawan, sewa ruang kantor, dan pembayaran jasa konsultasi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya