BISNIS

Gaji Pegawai Terendah Freeport Rp12,7 Juta

Bagi karyawan non staf dengan kompetensi tertinggi, Freeport akan menetapkan Rp19 juta.

ddd
Kamis, 3 November 2011, 11:01
Aksi demonstrasi berdarah PT Freeport, beberapa waktu lalu
Aksi demonstrasi berdarah PT Freeport, beberapa waktu lalu (REUTERS/ Muhammad Yamin)

VIVAnews - PT Freeport Indonesia menyatakan gaji karyawan lapangan akan meningkat berlipat-lipat kali bila didasarkan pada tuntutan Serikat Pekerja PT Freeport.

Menurut keterangan resmi PT Freeport, Serikat Pekerja menuntut kenaikan gaji hingga 400 persen. Dengan kenaikan itu, penghasilan kotor karyawan nonstaf level terendah akan menjadi Rp28 juta per bulan.

"Jadi, total penghasilan bulanan bisa berlipat ganda dan jauh di atas yang diterima karyawan dengan keterampilan setara di dalam negeri," kata Juru Bicara Freeport Ramdani Sirait, Kamis 3 November 2011.

Karena itu, Freeport menyatakan hanya akan menetapkan gaji bagi karyawan di level ini sebesar Rp12,7 juta per bulan. "Ini bagi karyawan yang mau mengikuti perusahaan," kata Ramdani, menambahkan.

Bagi karyawan nonstaf dengan kompetensi tertinggi, perusahaan akan menetapkan Rp19 juta per bulan. Ini jauh di bawah tuntutan Serikat Pekerja sebesar Rp78 juta per bulan.

Freeport mempekerjakan sekitar 22 ribu karyawan di tambang emas dan tembaga Grasberg di Tembagapura, Timika, Papua. Dari jumlah ini, 98 persen merupakan warga negara Indonesia dan 28 persennya merupakan warga asal Papua.

Ramdani mengatakan PT Freeport akan terus berunding bersama pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja PT Freeport untuk mencapai kesepakatan yang adil dan wajar sesuai Perjanjian Kerja Bersama (PKB) periode 2011-2013. "Kami juga telah meningkatkan penawaran agar masalah dapat segera diselesaikan," katanya.

Freeport-McMoRan Copper & Gold, induk usaha PT Freeport Indonesia, menyatakan prihatin atas mogok kerja karyawan ini. "Kami mempertahankan kondisi lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman bagi karyawan kami," kata Chairman Freeport-McMoRan, James R. Moffett.

Dia juga menyayangkan terjadinya aksi kekerasan dan tindakan intimidasi yang dilakukan demonstran terhadap karyawan yang memilih tetap bekerja. "Kerusakan yang dilakukan terhadap sarana dan prasarana perusahaan tidak menguntungkan para pemangku kepentingan dan merupakan tindakan melanggar hukum," katanya. (kd)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
sarijoman
03/11/2011
Minta naik berapa lagi???? Sekarang kalau nggak mau digaji segitu ya cari kerjaan lain aja, sambil coba cari ada nggak yang bisa bayar lue sebesar yang freeport bayar, apalagi dengan kemampuan lue yang bisa diukr
Balas   • Laporkan
acuy1234 | 04/11/2011 | Laporkan
lu aja kerja di situ,biar tau keadaan yg sebenarnya
andhar
03/11/2011
memang kalau sudah hitung-hitungan angka susah ketemunya..... by the way, berapa standar upah pekerja di sana?
Balas   • Laporkan
zen
03/11/2011
pihak perusahaan punya kepentingan, pihak karyawan pun punya kepentingan. Alangkah bijaksananya jika permasalahan ini dirundingkan terlebih dahulu antar pihak yang berkepentingan dan wujudkan dalam suatu kesepakatan yang jelas dan saling menguntungkan.
Balas   • Laporkan
lai
03/11/2011
itu sudah lebih dari cukup,jangan terlalu maruk. mestinya BERSYUKUR mereka dapat gaji yang segitu.
Balas   • Laporkan
cahpertapan
03/11/2011
free port di goyang PAPUA di goyang...., jadi lebih baik freeport out dr bumi Indonesia....
Balas   • Laporkan
darell
03/11/2011
seandainya para polisi yg jaga freeport tahu gaji karyawannya sebesar itu.. sungguh tidak sebanding..
Balas   • Laporkan
and
03/11/2011
Gaji 12,7 Juta di Freeport, itu hanya cukup hidup seminggu, wong harga semen disana aja bisa 1 juta perbungkus , perjuangkan terus gaji naik
Balas   • Laporkan
kesha | 03/11/2011 | Laporkan
memangnya di sana makannya semen ya?
sammy.asp | 03/11/2011 | Laporkan
Masa sih harga semen 1 sak 1jt, buko toko materail di papua aja ah biar cepet kaya. ini peluang bagus lho
torro
03/11/2011
Memang ada 2 sisi yang harus di sikapi, pertama teman2 di freeport harusnya masih bersyukur memiliki pekerjaan yang bagus, tetapi di sisi lain biaya hidup di Irian Jaya cukup tinggi sehingga kebutuhan hidup juga tinggi. ( www.haldin-natural.com )
Balas   • Laporkan
septian
03/11/2011
mau nglamar kesana juga ah, gimana caranya,
Balas   • Laporkan
pandeka
03/11/2011
Tawaran yg lumayan baik, utk para karyawan Freeport yg sdg berjuang, sebaiknya terima tawaran tsb, drpd anda kehilangan pekerjaan krn ngotot, ingat...skrg susah cari kerjaan, jgn umbar emosi anda hanya utk kepentingan org lain yg mencari keuntungan.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id