BISNIS

Usia Harapan Hidup WNI 69,4 Tahun

Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup baik dalam hal rangking yang meningkat delapan.
Jum'at, 4 November 2011
Oleh : Ismoko Widjaya, Nur Eka Sukmawati
Agung Laksono

VIVAnews - Badan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa Bangsa (United Nation Development Program/UNDP) merilis Laporan Pembangunan Manusia (Human Development Index/HDI) dari 182 negara, 2 November 2011. Dalam peringkat itu, Indonesia berada di posisi 124 dari 182 negara. Sementara di Asia-Pasifik, peringkat Indonesia pada posisi 12 dari 21 negara.

"Data HDI 2011 akan digunakan untuk lebih mempertajam program-program kesejahteraan rakyat, khususnya pendidikan dan kesehatan," kata Agung Laksono di kantornya.

Menurut Agung, angka harapan hidup masyarakat Indonesia mencapai usia sekitar 69,4 tahun. Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup baik dalam hal rangking yang meningkat delapan peringkat.

"Umur harapan hidup 69,4 tahun, income perkapita US$ 3716, jumlah penduduk yang dihitung 242,3 juta orang," kata menteri yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini. Agung mengatakan HDI bidang pendidikan Indonesia berada pada posisi 119 dari 187 negara.

Rata-rata lama sekolah yang masih rendah (5,8 tahun atau tidak lulus SD), menunjukkan masih perlunya akselerasi atau percepatan pencapaian wajib belajar 9 tahun secara signifikan.

"Program peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan semakin dipacu. Diantaranya dengan program rehabilitasi gedung-gedung sekolah, penyempurnaan penyaluran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), dan peningkatan kualitas dosen dan guru," ujar dia.

Sementara di bidang kesehatan, Indonesia berada pada posisi 118 dari 187 negara. Indeks Pembangunan Manusia Indonesia tahun 2011 berada pada indeks 0,617 naik dari posisi sebelumnya 0.613.

"Bila dibandingkan dengan negara ASEAN posisi Indonesia tidak mengalami perubahan, tetap berada di bawah Malaysia, Thailand, dan Filipina," kata dia. Di tahun 2011, income perkapita Indonesia berada di posisi 122 dari 187 negara. (umi)

TERKAIT
    TERPOPULER