Bandara Soetta Tambah Terminal Internasional

Terminal 3 Soekarno-Hatta International Airport
Sumber :
  • http://angkasapura2.co.id

VIVAnews - Terhitung mulai pukul 00.00 WIB, 17 November 2011 ini, Terminal 3 Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta, yang sebelumnya hanya melayani penerbangan domestik, akan melayani penerbangan Internasional.

Pemberlakuan ketentuan ini berdasarkan persetujuan dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara nomor AU/12632/DBU2361/XI/2011 tanggal 10 November 2011.

Sekretaris Korporat Angkasa Pura II, Hari Cahyono, menjelaskan  bahwa saat ini hanya Air Asia dengan 18 penerbangan internasional dan 8 penerbangan domestik per hari yang siap melayani penumpangnya di Terminal 3. Namun sudah ada tiga perusahaan penerbangan yang telah menyatakan keinginannya untuk beroperasi di Terminal 3.

"Kami menyambut baik keinginan tiga perusahaan penerbangan, yaitu Wings Air, Mandala Airlines dan Royal Pacific tersebut," kata Hari dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Kamis 17 November 2011.

Hari menjelaskan kapasitas penumpang terminal tiga mencapai empat juta penumpang per tahun dan tingkat isian sekitar 820 ribu penumpang per tahun. Dengan berpindahnya penerbangan internasional Air Asia dari Terminal 2D ke Terminal 3, maka beban Terminal 2 berkurang dan diharapkan dapat lebih memberikan kenyamanan kepada penumpang di terminal tersebut.

"Terminal tiga masih mampu menerima tambahan penumpang internasional Air Asia yang rata-rata 4.215 orang per hari," jelasnya.

Heru Budi Tegaskan ASN DKI Tak Ada WFH: Media Saja Masuk

Untuk mengantisipasi penerbangan pagi hari, Angkasa Pura II telah menyiapkan shuttle bus antar terminal untuk mengantar penumpang dari dan ke terminal 3 mulai jam 4 pagi dan petugas kami siap memberikan informasi tentang penggunaan Terminal 3 sebagai bandara domestik dan internasional.

Sebelum persetujuan pengoperasian dikantongi Angkasa Pura II, beberapa tahapan kegiatan telah dilakukan mulai dari konstruksi, rekonstruksi, dan verifikasi. Tahapan itu bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan di Terminal 3 untuk penerbangan domestik dan internasional.

Proses verifikasi yang dilakukan pada 2 November 2011 lalu oleh Kementerian Perhubungan dan Otoritas Bandara Wilayah I Bandara Soekarno Hatta, mencakup fasilitas sisi darat seperti area parkir umum, check-in area, meeting point, area komersial, ruang tunggu, area kedatangan, tempat pengambilan bagasi serta peralatan keselamatan dan keamanan.

Fasilitas lainnya yang diperiksa adalah sarana dan prasarana pelayanan kepabeanan, keimigrasian, kekarantinaan (fasilitas kesehatan penumpang dan karantina tumbuhan, hewan, dan ikan), fasilitas sarana dan prasarana fasilitas utama dan penujang pendukung lainnya seperti toilet, penyejuk ruangan, hand held metal detector, x-ray baggage.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih AS John Kirby

Bantuan Kemanusiaan ke Gaza Meningkat Secara Signifikan di Tengah Krisis Pangan

Bantuan kemanusiaan yang mengalir ke Jalur Gaza mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir ini, menurut juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024