Berapa Dana Penanganan Banjir di Indonesia?

Pekerjaan Saluran Air Antisipasi Banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan bahwa untuk penanganan banjir, pemerintah mengalokasikan dana 50 persen dari anggaran yang disiapkan sebesar Rp4 triliun.

"Jadi, kalau dilihat secara keseluruhan sebesar Rp4 triliun, secara komposisi 40 persen sampai 50 persen untuk irigasi dan 50 persen penanganan sungai dan banjir," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Muhammad Amron, saat temu wartawan di Kementerian PU, Jakarta, Kamis 17 November 2011.

Amron menuturkan, untuk penanganan banjir, pihaknya menyiapkan dana lebih besar bagi Sungai Citarum dan Bengawan Solo. "Untuk Sungai Citarum, untuk tiga tahun ini bisa mencapai Rp1,2 triliun. Sedangkan Bengawan Solo, Rp1,5 triliun untuk tiga tahun," ujarnya.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Selain itu, dia mengatakan, hingga saat ini, pihaknya tetap melanjutkan proyek-proyek yang ada dan sifatnya darurat dalam mengantisipasi banjir. "Artinya, untuk menangani yang sekarang banjir, terutama di Sulawesi seperti Gorontalo dan Makassar. Lalu Medan, Surabaya, dan Semarang," tutur Amron.

Sementara itu, untuk mengantisipasi banjir di Jakarta dan Solo, Amron mengakui, pihaknya masih melakukan pendalaman danau Sunter dan sungai Citarum.

"Itu dari hulu ke hilir untuk tiga tahun ke depan. Kemudian Bengawan Solo, karena ini umurnya sudah sekitar 40 tahunan dari sekitar tahun 70-an. Sekarang ini sedang dibangun tanggul yang sudah turun kapasitasnya," kata Amron.

Amron menambahkan, pihaknya akan terus menyikapi kapasitas tampung yang kurang seperti Bengawan Solo. "Tentunya, mengandalkan waduk-waduk kecil," ujarnya. (art)

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
Divisi Humas Polri menggelar buka puasa bersama wartawan

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Divisi Humas Polri bersama wartawan menggelar acara buka puasa bersama di kantor Divisi Humas Polri pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024