CSR Kegiatan Prorakyat

VIVAnews - Pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) merupakan bukti efisiensi berkeadilan dalam penggunaan sumber daya alam. CSR dipandang menciptakan jaminan kesejahteraan masyarakat yang sumber dayanya dipakai perusahaan.

Anggota DPR Patrialis Akbar mengatakan, peraturan tersebut berlaku agar perusahaan dalam mencari keuntungan tidak mengabaikan rakyat. "CSR merupakan kegiatan yang prorakyat dengan menserasikan kegiatan usaha, mencari keuntungan, serta penguatan ekonomi rakyat," kata dia saat menyampaikan pandangan pada sidang uji materiil terhadap Pasal 74 UU Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dengan nomor perkara No.53/PUU-VI/2008, di Jakarta, Selasa 3 Februari 2009.

Dia menilai, keluhan pengusaha yang selama ini terjadi bukan secara riil tetapi masih berupa potensi. Saat perusahaan berkomitmen menjalankan CSR, aturan perpajakan mendukung. 

Pengusaha dalam melaksanakan CSR akan menciptakan ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat sekitar. Contohnya, di daerah tertentu berlimpah sumber daya alam tetapi penduduknya tergolong miskin. "Di sinilah tanggung jawab sosial perusahaan memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar," katanya.

Anggota DPR lainnya, Pataniari Siahaan mengatakan, CSR merupakan penggunaan sumber daya alam yang efisien sekaligus berkeadilan. Pataniari menyatakan perusahaan diberikan kesempatan mencari keuntungan tetapi tidak boleh melupakan lingkungannya.

Kewajiban perusahaan yang disertai sanksi bertujuan bukan menghukum tetapi agar dilaksanakan. "UU yang ada dihasilkan bisa berkembang mengikuti perubahan kebutuhan, sehingga memerlukan revisi," katanya.

Dia memaparkan pemohon tidak diterima karena bukan termasuk konstitusional, serta menolak permohonan pengusaha yang menilai Pasal 74 UU 40/2007 merupakan diskriminasi. Dia menyatakan UU 40/2007 tidak bertentangan dengan UUD Pasal 28 dan 33 dan sejalan dengan ketentuan perundangan.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024