BISNIS

Berapa Gaji PNS Golongan III dan IV?

Gaji Pokok PNS golongan III a paling rendah adalah Rp1,902 juta.

ddd
Kamis, 8 Desember 2011, 11:58
Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Pegawai Negeri Sipil (PNS) (VIVAnews/Adri Irianto)

VIVAnews - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkapkan 10 pegawai negeri sipil (PNS) muda memiliki rekening miliaran rupiah. Untuk PNS golongan III B sampai IV, rekening ini dinilai tidak wajar.

Menurut Wakil Kepala PPATK, Agus Santoso, para PNS muda ini sangat potensial dan duduk di kursi strategis di pemerintahan seperti bendahara. Untuk menghapus jejak, PNS muda ini diduga mencuci uang miliaran ke rekening istri dan anak-anaknya.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, juga mengakui PNS yang memiliki rekening gendut cenderung masih muda. Sebab, pimpinan proyek biasanya diserahkan kepada pada pegawai golongan bawah. Pimpinan proyek itu cenderung muda karena biasanya masuk golongan III A dan III B.

Gaji pokok PNS golongan III a paling rendah adalah Rp1.902.300 dan paling tinggi Rp2.943.400. Selain menerima gaji pokok, PNS juga menerima tunjangan lain seperti tunjangan fungsional, tunjangan jabatan, bahkan tunjangan kinerja yang nilainya melebihi gaji pokok. Tunjangan kinerja ini terutama didapatkan pegawai yang bekerja di kementerian yang telah disetujui pelaksanaan reformasi birokrasinya.

Berikut gaji pokok PNS golongan III dan IV Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 11 Tahun 2011 tentang Perubahan Ketigabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 0 tahun Rp1.902.300
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 10 tahun Rp2.180.300
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 20 tahun Rp2.499.000
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 32 tahun Rp2.943.400

Pegawai Golongan III b dengan masa kerja 0 tahun Rp1.982.800
Pegawai Golongan III b dengan masa kerja 10 tahun Rp2.275.500
Pegawai Golongan III b dengan masa kerja 20 tahun Rp2.604.700
Pegawai Golongan III b dengan masa kerja 32 tahun Rp3.197.600

Pegawai Golongan III c dengan masa kerja 0 tahun  Rp2.066.600
Pegawai Golongan III c dengan masa kerja 10 tahun Rp2.368.700
Pegawai Golongan III c dengan masa kerja 20 tahun Rp2.714.800
Pegawai Golongan III c dengan masa kerja 32 tahun Rp3.197.600

Pegawai Golongan III d dengan masa kerja 0 tahun Rp2.154.100
Pegawai Golongan III d dengan masa kerja 10 tahun Rp 2.468.900
Pegawai Golongan III d dengan masa kerja 20 tahun Rp2.829.700
Pegawai Golongan III d dengan masa kerja 32 tahun Rp3.332.900

Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 0 tahun Rp2.245.200
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 10 tahun Rp2.245.200
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 20 tahun Rp2.245.200
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 32 tahun Rp2.245.200

Pegawai Golongan IV b dengan masa kerja 0 tahun Rp2.340.200
Pegawai Golongan IV b dengan masa kerja 10 tahun Rp2.340.200
Pegawai Golongan IV b dengan masa kerja 20 tahun Rp2.340.200
Pegawai Golongan IV b dengan masa kerja 32 tahun Rp2.340.200

Pegawai Golongan IV c dengan masa kerja 0 tahun Rp2.340.200
Pegawai Golongan IV c dengan masa kerja 10 tahun Rp2.340.200
Pegawai Golongan IV c dengan masa kerja 20 tahun Rp2.340.200
Pegawai Golongan IV c dengan masa kerja 32 tahun Rp2.340.200

Pegawai Golongan IV d dengan masa kerja 0 tahun Rp2.340.200
Pegawai Golongan IV d dengan masa kerja 10 tahun Rp2.340.200
Pegawai Golongan IV d dengan masa kerja 20 tahun Rp2.340.200
Pegawai Golongan IV d dengan masa kerja 32 tahun Rp3.933.600

Pegawai Golongan IV e dengan masa kerja 0 tahun Rp2.649.900
Pegawai Golongan IV e dengan masa kerja 10 tahun Rp3.037.100
Pegawai Golongan IV e dengan masa kerja 20 tahun Rp3.037.100
Pegawai Golongan IV e dengan masa kerja 32 tahun Rp3.037.100

(art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
muhammad.makhfudz
15/01/2012
Kalau memberi informasi tentang Gaji PNS Gol ruang IV/B itu tak betul masa masa kerja 20 tahun sampai 30 tahun sama.Tapi anda tak pernah hitung kebutuhan dan harga dipasaran.Jangan hanya mencemooh apalagi bila dibandingkan dengan penghasilan anggota DPR.
Balas   • Laporkan
ekayana_sijalak
08/01/2012
Cuma Gol III di Bahas,,Lihat Gajih Gol II Bos,,,Mengkhawatirkan,,,,
Balas   • Laporkan
liem85
09/12/2011
pengadilan dunia lolos ya nanti gak bakal lolos di pengadilan akhirat, mati juga cuma dibalut kain kafan ato pake jas doank di peti mati...gini aja kok repotttt
Balas   • Laporkan
kesumadilaga
09/12/2011
wacana nya pemberitaan korupsi sekarang koq di arahkan ke pns golongan bawah ya? makin enak dong jadi pns golongan atas, wkwkkwkw..
Balas   • Laporkan
kesumadilaga
09/12/2011
pns itu banyak, 1. pns tni/polri, 2. pns instansi vertikal selain tni/polri, 3. pns pemda/pns instansi horizontal, lebih baik periksa tiga-tiganya dimulai dari urutan no 1 ya, jangan loncat ke no 2 dan 3 aja :P
Balas   • Laporkan
alul.nanaoi
09/12/2011
setujuu usut semua pak KPK klw perlu ama institusi kepolisian jg banyak perwira yg punya rekening gendut....
Balas   • Laporkan
belitutngurah
08/12/2011
Kalau apa yang disampaikan PPATK itu betul ini artinya gaji pegawai negeri kecil penpatannya besar.Tapi tidak semua lho hanya sebagaian kecil aja yg gitu
Balas   • Laporkan
wisnuest
08/12/2011
Itu baru gajinya, tunjangan-tunjangannya melebihi gaji pokok. Indikasi korupsi terpampang jelas di tempat parkir kantor-kantor pemerintah yang dipenuhi mobil-mobil pribadi para PNS.
Balas   • Laporkan
abdeeas
08/12/2011
kdg iri dgn kerja OKNUM PNS.. dtang tlat, kerja nyantai, jam kerja ada di Mall.. liht mrk yg kerja banting tlang dr subuh samp mlm... ini mah udah santai korupsi lg,.. g tahu diri mereka.. ( Mungkin bnyk juga yng kerjanya bener)...
Balas   • Laporkan
abdeeas
08/12/2011
kalau ditanya tentang nasionalisme pasti kita akan bangga sebagai seorang nasionalis.... tapi kalau lihat orang2 di pemerintah seperti ini, pelayanan terhadap masyarakatnya begitu, sarana prasarana begini.. jadi bisa2 berkurang rasa nasionalismennya.....
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com