BISNIS

Pemerintah Bangun Rumah Murah Rp25 Juta

Sebanyak 100 ribu unit rumah tak layak huni akan direnovasi oleh pemerintah pada 2012.

ddd
Selasa, 20 Desember 2011, 17:17
Kemenpera menggadang program rumah murah senilai Rp25 juta per unit
Kemenpera menggadang program rumah murah senilai Rp25 juta per unit (kemenpera.go.id)

VIVAnews - Pemerintah berniat merenovasi 100 ribu unit rumah milik warga tidak mampu pada tahun 2012. Selain renovasi, pemerintah juga menargetkan pembangunan rumah murah baru seharga Rp25 juta per unit.

"Rumah untuk warga miskin itu kami targetkan 100 ribu, rehabilitasi total itu
sebanyak 50 ribu, rehabilitasi saja 50 ribu," ujar Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta, Selasa, 20 Desember 2011.

Djan Faridz mengungkapkan untuk program rehabilitasi ringan tersebut, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp6 juta per unit. Sementara untuk rehabilitasi total, pemerintah siap membantu pendanaan hingga  sekitar Rp13 juta.

Untuk untuk bangunan baru bagi kalangan masyarakat miskin, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp25 juta per unit.

Untuk melaksanakan program ini, pemerintah menegaskan prioritas utama yang akan dibidik adalah masyarakat di kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT). Program ini terutama ditujukan untuk merehabilitasi bangunan masyarakat miskin.

Sebelumnya, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menyatakan program ini akan diberikan sebagai bantuan hibah kepada pemilik rumah untuk memperbaiki rumah mereka sehingga menjadi layak huni.
Untuk memperoleh fasilitas ini, pemilih rumah harus memenuhi persyaratan. Antara lain, tanah yang ditempati merupakan hak milik mereka, bukan rumah-rumah liar yang tanahnya tidak bersertifikat. (kd)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id