BISNIS

Dirut Baru Pertamina Dilantik Pukul 15.00

Menneg BUMN Sofyan Djalil memastikan adanya pelantikan tiga pejabat baru Pertamina.

ddd
Kamis, 5 Februari 2009, 11:01
Sofyan Djalil
Sofyan Djalil (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Menneg Badan Usaha Milik Negara Sofyan Djalil memastikan pelantikan direktur utama Pertamina yang baru akan dilakukan hari ini.

"Rencananya jam tiga ada pelantikan," kata Sofyan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis 5 Februari 2008. Sofyan memastikan direktur utama Pertamina akan dijabat Karen Agustiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Hulu Pertamina.

Selain Karen, pemerintah menunjuk Omar S Anwar sebagai wakil direktur utama dan Sony Sumarsono, Humayunbosha, Gita Wirjawan sebagai komisaris di tubuh BUMN tersebut. Sejak pagi tadi, nama Karen sudah santer disebut-sebut sebagai direktur utama Pertamina.

Siapakah sebenarnya Karen hingga pemerintah mengusulkannya sebagai calon kuat direktur utama Pertamina?

Dalam situs Pertamina Selasa 27 Januari 2009, wanita yang dilahirkan di Bandung, 50 tahun silam itu mengawali karirnya sebagai commercial manager for consulting and project management Halliburton Indonesia. Halliburton merupakan perusahaan jasa perminyakan asal Amerika Serikat.

Saat masuk Pertamina, lulusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung ini, menjadi staf ahli direktur utama bidang hulu Pertamina.

Sedangkan pada 5 Maret 2008, Kementerian Negara BUMN melantik Karen sebagai direktur hulu Pertamina menggantikan Sukusen Soemarinda.

Pelantikan ini bersamaan dengan Rukmi Hadihartini sebagai direktur hulu menggantikan Suroso Atmomartoyo, dan Waluyo sebagai direktur umum dan sumber daya manusia menggantikan Soemarsono.

Pengalamannya sebagai direktur yang membawahi sektor hulu dianggap penting untuk mendongkrak bisnis Pertamina yang mengandalkan sebagian besar pendapatannya dari usaha hulu migas. Hampir 95 persen pendapatan Pertamina disumbang dari bisnis hulu.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id