BISNIS

Bersih, Kunci Persaingan Pasar Tradisional

Pasar tradisional kebanyakan kurang memperhatikan kerapian dan kebersihan lingkungan.

ddd
Minggu, 25 Desember 2011, 08:03
Pasar Tradisional
Pasar Tradisional (Pasar Tradisional)

VIVAnews - Peluang pasar tradisional bersaing dengan pasar swalayan sangat terbuka bila kebersihan lingkungannya dijaga. Selain itu, penyajian barang dagangan juga harus lebih rapi. "Hilangkan kesan kumuh, saya yakin bisa bersaing dengan pasar swalayan," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di sela meninjau pembangunan revitalisasi Pasar Agung Di Desa Peninjauan, Kota Denpasar, Bali, 24 Desember 2011.

Dia mengatakan, konsumen akan tertarik berkunjung bila kebersihan dapat dijaga, sebab di pasar tradisional segala kebutuhan konsumen bisa didapatkan. "Sebenarnya di pasar tradisional segala kebutuhan bisa dibeli, bahkan harganya bisa bersaing dengan pasar swalayan, karena mendapatkan mata dagangannya langsung dari para petani," katanya.

Namun yang terjadi selama ini, kata dia, pasar tradisional kebanyakan kurang memperhatikan kerapian dan kebersihan lingkungan. Hal inilah yang menyebabkan konsumen kurang tertarik untuk berbelanja ke pasar tradisional. "Namun dengan adanya penataan lewat program revitalisasi pasar tradisional dari pemerintah, saya yakin pasar tradisional akan lebih baik," katanya.

Selain itu, Gita Wirjawan juga meminta kepada pengelola pasar dan pedagang di Pasar Agung, Kota Denpasar, agar memperhatikan kebersihan dan menjual dagangan yang bersih dan sehat.

Ia juga mengatakan, secara bertahap pasar-pasar tradisional di Tanah Air akan dilakukan program revitalisasi. Langkah ini sebagai upaya membangkitkan perekonomian rakyat. "Kami berharap dengan revitalisasi pasar tradisional ini hasil pertanian warga akan bisa dijual ke pasar tersebut secara langsung, seperti buah-buahan, sayur mayur dan lain sebagainya," ujar ucap Menteri Perdagangan.

Dengan demikian, kata dia, konsumen yang berkunjung ke pasar tradisional juga akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kebutuhan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. (Laporan Boby Andalan, Bali, eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
delta88
25/12/2011
setuju...rakyat indonesia harus mampu dan siap bersaing..jangan menolak persaingan..pasti kalau pasarnya bersih semua golongan pasti beli kepasar ketimbang ke swalayan.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com