Mari Elka Canangkan Gerakan Pantai Bersih

Sampah di Pantai Sanur, Bali, ditimbun ke dalam lubang
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mencanangkan Gerakan Pantai Bersih Seluruh Indonesia pada 2012 mendatang. Ia berharap seluruh pantai di Indonesia bebas dari sampah.

Mari Elka menjelaskan jika seluruh pantai di Indonesia bersih maka masyarakat yang pertama kali menikmati hasilnya. Untuk itu Ia meminta masyarakat agar memiliki kesadaran menjaga pantai dan
alam Indonesia.

"Saya minta seluruh Indonesia bergerak untuk mempunyai pantai yang bersih, Indonesia negeri yang paling kaya pulau dan pantai dan itu merupakan kekuatan kita mengembangkan pariwisata," kata Mari Elka
Pangestu di Pantai Ancol, Jakarta, Minggu 1 Januari 2012.

Agar progam pantai bersih ini berhasil, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan memberikan sumbangan berupa gerakan penyediaan tempat sampah yang layak di seluruh pantai di Indonesia.
"Anggarannya belum tahu karena kami masih merancang," paparnya.

Namun gerakan pengadaan tempat sampah tersebut tidak akan berhasil jika tidak ada kesadaran dari masyarakat sekitar pantai. Untuk itu pihaknya telah mempunyai program sadar tempat wisata untuk sosialiasi program bersih pantai di Indonesia.

Sosialisasi tersebut, lanjutnya, dapat dimulai dari anak-anak dengan diajarkan dari kecil membuang sampah pada tempatnya. "Termasuk di laut, jangan buang sampah di laut. Keindahan alam dari Tuhan harus kita jaga tetap bersih," ujarnya. (sj)

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024