Diserbu Investor, Harga Perak Merangkak Naik

Transaksi Emas Antam.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Harga spot perak melonjak lebih dari 2 persen pada Selasa, 3 Januari, yang merupakan keuntungan terbesar di sederet logam mulia. Kenaikan dipicu masuknya kembali investor ke pasar setelah libur tahun baru.

Kantor berita Reuters melaporkan, harga perak di Singapura pagi ini naik 2,1 persen menjadi US$28,39 per ons, sebelum akhirnya turun sedikit ke US$28,21.

Sementara itu, hampir sebagian logam kehilangan hampir 10 persen pada 2011 karena kekhawatiran tentang prospek ekonomi global yang melemah.

"Meskipun perekonomian global masih menghadapi ketidakpastian, investor siap meningkatkan taruhan pada aset berisiko seperti komoditas setelah ketatnya kredit akhir tahun," kata seorang pedagang yang berada di Singapura.

Dia mengatakan, perak saat ini menjadi komoditas yang menarik di tahun baru ini, khususnya bagi investor yang menghendaki risiko lebih aman.

Harga emas di AS ditutup naik 0,4 persen, ke US$1.573,70, dan harga spot emas naik 0,41 persen ke US$1.571,89.

Sementara itu pasar saham di Asia pagi ini menguat menyusul kenaikan Indeks Manajer Pembelian di China (PMI) menjadi 50,3 persen pada Desember dari bulan sebelumnya yang berada di bawah 50 persen.

Bursa S&P Australia naik 0,9 persen dan indeks Kospi Korea Selatan naik 1,7 persen. Sedangkan pasar saham di Jepang, Cina, Selandia Baru, dan Thailand masih tutup untuk liburan tahun baru. (umi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber
Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024