Menteri Agus: Punya Mobnas, Cita-cita Lama

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, siap memberikan dukungan fiskal untuk mengembangkan mobil nasional. Memiliki mobil nasional telah menjadi cita-cita pemerintah sejak lama.

"Jadi, dari sisi fiskal kami akan cari dan pelajari bentuk-bentuk inisiatif seperti apa yang bisa kami dukung," kata Agus saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat 6 Januari 2012.

Agus menyambut baik inisiatif anak-anak sekolah menengah kejuruan yang membuat mobil rakitan sendiri bernama 'Kiat Esemka'. Pihaknya menunggu keputusan Kementerian Perindustrian terkait kelanjutan pengembangan mobil tersebut.

"Saya mesti dapat brief tentang industrinya, tentang prosesnya. Dan brief itu kan nantinya akan diberikan oleh Kementerian Perindustrian," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat menilai langkah yang dilakukan Walikota Solo, Joko Widodo yang membeli mobil produksi dalam negeri, Kiat Esemka, sebagai mobil dinasnya merupakan pelecut bagi kementeriannya untuk mempercepat program mobil nasional.

Hidayat mengatakan langkah yang dilakukan murid-murid SMK sebagai suatu inovasi karya anak bangsa yang patut diapresiasi. "Apa yang dilakukan kawan saya, Jokowi, itu menjadi trigger kami untuk lebih cepat bisa menghasilkan mobil nasional," kata Hidayat di Istana Negara, Jakarta.

Ia menjelaskan, euforia mobil Kiat Esemka ini merupakan refleksi masyarakat Indonesia yang merindukan kebanggaan nasional berupa munculnya mobil nasional. Hal itu sebenarnya pernah diupayakan pada era orde baru namun gagal.

Hidayat mengatakan, salah satu instruksi Presiden saat dirinya menjabat menteri perindustrian adalah memikirkan kembali mobil nasional. Di tahun ketiga dirinya menjadi menperin, setidaknya sudah ada beberapa prototipe seperti low cost green car, mobil niaga pedesaan pertanian.

Tak hanya itu, di pihak swasta juga telah muncul produksi mobil lokal dengan merek Gea dan Tawon. "Saat ini, semuanya masih dalam tahap uji kelaikan," katanya. (art)

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024