Bank Penguasa Kredit Sindikasi 2011

Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - PT Bank Mandiri Tbk mengklaim sebagai sebagai penyalur kredit sindikasi terbesar di Indonesia sepanjang 2011. Saat ini, hanya terdapat tiga bank nasional yang masuk dalam jajaran 10 besar mandated arranger dan salah satunya Bank Mandiri.

Menurut data Bloomberg, kredit sindikasi yang ditangani Bank Mandiri selama tahun lalu mencapai US$1,813 miliar setara Rp16,7 triliun. Jumlah penyaluran kredit sindikasi itu membuat bank pelat merah ini berada di posisi teratas sebagai mandated arranger di tanah air.

Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim

Pangsa pasar Bank Mandiri untuk mandated arranger saat ini sebesar 12,4 persen atau tumbuh 3,7 persen dibandingkan tahun 2010.

”Dengan aliansi, peran perbankan dalam mendukung ekonomi dapat lebih optimal,” kata Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Minggu, 8 Januari 2012.

Fransisca mengatakan salah satu pembiayaan proyek terbesar yang ditangani Bank Mandiri pada 2011 adalah kepada PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk kaltim) bernilai Rp4,3 triliun..

Bank Mandiri sebagai mandated lead arranger ditugasi untuk mengumpulkan  pembiayaan dalam denominasi rupiah sebesar Rp1,35 triliun dan valuta asing (valas) sebesar US$337 juta. Dalam proyek ini, kontribusi Bank Mandiri sebesar Rp1,2 triliun dan US$162,7 juta, dengan nilai total setara dengan  Rp 2,7 Triliun.

Selain Bank mandiri, pencapaian positif juga diperoleh anak usaha perusahaan yaitu PT Mandiri Sekuritas. Perusahaan efek ini berhasil mengokohkan diri sebagai penjamin emisi terbesar di Indonesia sepanjang tahun 2011 dengan nilai penerbitan Rp11,70 triliun.

Angka itu merupakan nilai total penjaminan emisi dari 22 perusahaan yang ditangani oleh Mandiri Sekuritas. Pada tahun yang sama, Mandiri Sekuritas juga turut menangani penerbitan saham baru (rights issue) Bank Mandiri senilai Rp 11,68 triliun, atau yang terbesar yang pernah dilakukan sebuah bank di tanah air.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Peran Jenderal Bintang 4 yang Diduga Terlibat Korupsi Timah Rp 271 Triliun

Sekretaris DPP Indonesia Audit Watch (IAW) Iskandar Sitorus mengatakan, seorang pensiunan Jenderal Bintang 4 diduga terlibat dalam kasus korupsi timah Rp 271 T.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024