Investment Grade

Dahlan: 2013, Indonesia Kalahkan Spanyol

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2011, Proyek Jalan Layang Non Tol
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, optimistis dengan indikator ekonomi yang bagus saat ini. Pada akhir 2013, perekonomian Indonesia diprediksi dapat mengalahkan Spanyol.

"Inflasi 3,9 persen, pertumbuhan ekonomi 6,5 persen. Ini bagus banget," kata Dahlan di sela diskusi 'Pasca Investment Grade, What Next,' di Jakarta, Rabu 18 Januari 2012.

Dengan indikator perekonomian saat ini, Dahlan melanjutkan, skala ekonomi Indonesia saat ini telah mengalahkan Belanda. Jika perekonomian Indonesia tetap bergerak seperti sekarang, akhir tahun depan Indonesia akan mengalahkan Spanyol.

"Ini misi besar. Ke depan kita sangat punya potensi mengalahkan Spanyol, paling lambat akhir tahun depan," katanya.

Dahlan menjelaskan, Spanyol harus menjadi target yang harus Indonesia kalahkan secara bertahap. Bagaimana caranya? "Caranya gampang, tidak usah berpikir terlalu panjang. Yang penting konkret dan konsisten seperti saat ini," katanya.

Indonesia, Dahlan menjelaskan, telah memasuki babak baru, di mana dunia bisnis dan politik terpisah jauh. Di saat suhu politik yang terus memanas, ekonomi Indonesia terus tumbuh luar biasa. "Dan ini harus diapresiasi tinggi," tuturnya.

"Indonesia, kalau melihat berita, kacaunya bukan main. Seolah-olah Indonesia bangkrut minggu depan. Tetapi, saat kita melihat kenyataan, maka ekonomi Indonesia terus berjalan dan bagus," katanya.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Seperti diketahui, hari ini, lembaga pemeringkat Moody's menaikkan peringkat surat utang pemerintah Indonesia dari Ba1 menjadi Baa3. Dengan demikian Indonesia telah mendapatkan peringkat investment grade dari dua lembaga yaitu Moodys dan Fitch Ratings.

Dalam siaran pers, Rabu 18 Januari 2012, Moody's mengatakan ada empat pendorong utama keputusan ini. Pertama, Moody's mengantisipasi kebijakan finansial akan sejalan dengan peringkat Baa.

Kedua, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan ketahanannya terhadap guncangan eksternal. Ketiga, adanya kebijakan mengatasi kerentanan finansial. Keempat, sistem perbankan yang sehat dan mampu menahan guncangan. (art)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024