Lagi, PGN Bangun Kapal Penyimpanan Gas

Receiving terminal LNG
Sumber :

VIVAnews - PT Perusahaan Gas Negara Tbk, Hoegh LNG, dan PT Rekayasa Industri Consortium sepakat mendatangkan kapal penyimpanan dan regasifikasi atau floating storage and regasification unit (FSRU) guna mendorong percepatan pembangunan Medan LNG FSRU.

Sesuai kontrak, Hoegh LNG dan Rekin yang bertindak sebagai provider akan menyediakan kapal FSRU untuk jangka waktu 20 tahun. Selain itu, perusahaan provider ini diwajibkan membangun mooring system, pipeline, dan stasiun gas bumi baik Onshore Receiving Facilities (ORF) dan Off-Take Station (OTS).

"Penandatanganan kontrak ini merupakan wujud komitmen kami dalam percepatan penyediaan kebutuhan energi untuk wilayah Sumatera Utara dan peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional pada umumnya," kata Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Kamis, 26 Januari 2012.

Rencananya, kapal FSRU yang tengah dibangun (newbuild vessel) ini berkapasitas 170 ribu meter kubik dan mampu mengalirkan gas hasil regasifikasi hingga 240 mmscfd.

Gas hasil regasifikasi LNG itu akan dialirkan melalui pipa dengan diameter 20 inch sepanjang lebih dari 17 kilometer untuk offshore dan lebih dari 5 km guna onshore. Pasokan gas ini akan dialokasikan untuk PLTGU Sicanang milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di daerah Belawan, Medan, Sumatera Utara.

FSRU merupakan teknologi baru di dunia dalam penyimpanan dan regasifikasi LNG. FSRU ini menggunakan sistem bongkar muat LNG dari kapal ke kapal (ship to ship) kedua di Indonesia. Medan LNG FSRU merupakan lanjutan dari program pengembangan LNG yang sedang dilakukan oleh PGN bersama dengan PT Pertamina (Persero) di Jawa Barat.

Ke depan, PGN berharap dapat terus berperan dalam peningkatan penggunaan gas bumi, sebagai sumber energi yang lebih efisien, bersih, dan ramah lingkungan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan energi domestik. (art)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024